Sabtu 16 Sep 2017 07:23 WIB
Hadiri FKN XI di Kota Cirebon

Pria Kelahiran Jerman Ini Kayuh Sepeda ke Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Sultan Kasepuhan Cirebon.
Foto: Antara
Sultan Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID,  Antusiasme warga untuk menghadiri Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Kota Cirebon sangat tinggi. Bahkan,ada seorang pria kelahiran Jerman yang rela mengayuh sepeda dari tempat tinggalnya di Bandung untuk menghadiri FKN XI di Kota Cirebon.

 

Pria itu bernama Stevan Setiaji Saroyo. Dia berangkat dari Bandung pada Kamis (14/9) pukul 08.00 WIB dengan mengayuh sepeda dan sampai ke Kota Cirebon pada pukul 16.00 WIB.

 

Stevan mengaku, hanya beristirahat untuk solat Duhur di daerah Tomo, Kabupaten Sumedang. Setelah itu, dia terus menggowes sepedanya hingga sampai ke Kota Cirebon. Pada Kamis (14/9) malam, dia dipersilakan untuk menginap di Keraton Kasepuhan Kota Cirebon.

 

Stevan pun berkesempatan untuk bertemu dan berbincang langsung dengan Sultan Sepuh XIV dari Keraton Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat. Di hadapan Sultan Sepuh, pria itu mengaku, sengaja datang ke Kota Cirebon karena ingin menyaksikan FKN.

 

"Saya ingin melihat Festival Keraton Nusantara. Saya tidak diundang, tapi seperti undangan," kata Stevan,di hadapan Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, Jumat (15/9).

 

Menanggapi pernyataan Stevan, Sultan Sepuh menegaskan, bahwa FKN XI terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat. "Semua diundang," tegas Sultan Sepuh.

 

Sultan Sepuh mengatakan, kegigihan Stevan mengayuh sepeda dari Bandung ke Cirebon menandakan antusiasme warga untuk menyaksikan FKN XI sangat tinggi. Apalagi, Kota Cirebon baru menjadi tuan rumah FKN kembali setelah 20 tahun berlalu.

 

"Pada 15 19 September, raja-raja dari seluruh Indonesia kumpul semua di sini," kata Sultan Sepuh.

 

Sultan Sepuh pun menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Stevan. Dia juga berharap, agar warga, budayawan, seniman, budayawan dan pemda di Cirebon menjadi tuan rumah yang baik, santun dan ramah sehingga FKN di Kota Cirebon dirasa aman, nyaman, tertib dan penuh kenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement