Jumat 15 Sep 2017 16:54 WIB

Dua Pesawat Pengangkut Bantuan Rohingya Tiba Hari Ini

Rep: Debbie Sutrisno‎/ Red: Bayu Hermawan
Duta besar indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno (ketiga dari kanan)
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Duta besar indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno (ketiga dari kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, CHITTAGONG -- Dua pesawat Hercules yang mengangkut bantuan dari Indonesia untuk masyarakat Rohingya dijadwalkan tiba hari ini. Dua pesawat tersebut adalah pesawat yang telah dilepas oleh Presiden Joko Widodo dari Bandar Halim Perdanakesuma.

Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh Rina P Soemarno mengatakan, pemerintah Bangladesh memang baru menerima dua pesawat bantuan pada Kamis (14/9), kemudian hari ini Jumat (15/9) dua pesawat berikutnya akan tiba sekitar pukul 17.00 dan 19.00 waktu setempat. Dua pesawat ini membawa 10 ton beras, baju dan family kit.

Selain dua pesawat yang berangkat dari lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), pemerintah Indonesia juga berencana menerbangkan kembali dua pesawat berikutnya yang dijadwalkan akan tiba pada Sabtu (16/9). Namun barang bantuan apa saja yang dipersiapkan dalam pesawat tersebut masih belum ada informsi.

"Jamnya juga sudah jam yang sama karena kami sudah memperoleh flight clearance untuk pesawat-pesawat yang sama itu yang berlaku selama 72 jam (tiga hari)," kata Rina, Jumat (15/9).

Menurut Rina, pihaknya tengah berusaha agar penerbangan berikutnya yang akan membawa barang bantuan lain dari Indonesia bisa tiba lebih awal di Bangladesh. Sebab ada kesulitan ketika pesawat Hercules terbang pulang ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM).

Minimnya penerangan di bandara SIM bisa membuat pesawat Hercules yang tiba di bandara kesulitan mendarat.  Ketika pesawat bisa tiba lebih sore maka pendaratan bisa lebih aman dan mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement