Jumat 08 Sep 2017 18:43 WIB

Jabar Jalin Kerja Sama dengan Perfektur Shizuoka

Rep: Arie Lukhardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kawazu Cherry Tree in Shizuoka, Japan
Foto: Dailymail
Kawazu Cherry Tree in Shizuoka, Japan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen meningkatkan kerja sama dengan Prefektur Shizuoka, Jepang dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU). Komitmen ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat bertemu rombongan Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu (LPIH) Jepang di Gedung Sate, Jumat (8/9).

Menurut Heryawan, sebelumnya Jawa Barat dan Shizouka telah menandatangani Letter of Intent (LoI) beberapa waktu lalu. Jadi, pihaknya ingin melajutkan hal tersebut dalam bentuk MoU untuk kerja sama di berbagai bidang, seperti pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi, olah raga, pariwisata, serta bidang lainnya.

“Kami akan terus melanjutkan LoI ini menjadi MoU. Saya berharap kerja sama bisa lebih lancar dan terlaksana dengan baik,” ujar Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher.

Aher mengatakan, pada kesempatan tersebut, ia meminta pihak LPIH agar bisa memfasilitasi kerja sama tersebut agar lebih kuat. Karena, melalui kerja sama ini bisa dirintis kerja sama Provinsi Kembara atau Sister Province antara Jawa Barat dengan Shizouka. “Saat yang sama kita juga sedang merintis Sister Province antara Jawa Barat dengan Shizouka,” katanya.

Sementara itu, Ketua Rombongan LPIH Tanaka Hiroji mengatakan dirinya sangat tertarik dengan Jawa Barat. Ia pun tidak menyangka hubungan antara Jawa Barat dengan Shizouka bisa terjalin dengan cepat dalam bentuk LoI.

“Saya kira kerja sama dengan Jawa Barat akan bisa terealisasi mungkin dalam dua tahun lagi. Tapi ternyata tahun lalu sudah bisa LoI, sangat cepat sekali. Sudah seperti kecepatan Shinkansen (kereta cepat Jepang),” kata Tanaka.

LPIH merupakan kumpulan mahasiswa Indonesia dan Jepang yang ada di Hamamatsu, salah satu kota di Prefektur Shizouka. Diharapkan LPIH ini bisa berperan lebih aktif dalam meningkatkan hubungan kerja sama dengan berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Provinsi Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement