Jumat 01 Sep 2017 10:46 WIB

Sapi Presiden Jadi Sasaran Foto Warga di Masjid Istiqlal

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi objek foto warga yang melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Jumat (1/9)
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi objek foto warga yang melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta Jumat (1/9)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sapi dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kala menjadi pusat perhatian jamaah yang melaksanakan shalat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Mereka menjadikan sapi tersebut sebagai objek foto.

"Saya baru lihat sapi segede itu sih jadinya ya tertarik buat foto-foto, " ujar salah satu jamaah, Dara Mitra (19) usai melaksanakan shalat Idul Adha di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu, Jumat (1/9).

Karena rasa penasarannya itu pula, Dara bersama dengan temannya rela berswafoto sembari berjalan. Mereka berswafoto pada saat sapi seberat 1,5 dan 1,3 ton itu digiring ke kandangnya usai diserahterimakan oleh Wapres ke pihak Masjid Istiqlal.

Tidak hanya Dara, banyak jamaah lain yang mengabadikan momen penggiringan itu dengan ponsel pintar mereka. Baik secara dekat maupun jarak jauh melalui lantai atas masjid. Sesampainya di tempat tujuan, sapi-sapi itu diikat dan diberi makan. Kulit jagung menjadi lauk makan pagi sapi jenis Ongole itu sebelum disembelih bada Ashar nanti.

Warga masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Jakarta itu pun kemudian mengambil gambar sapi itu dari luar pagar. Salah satunya adalah Astrid (36) dan Yusuf (40) beserta kedua anaknya.

"Ini anak-anak kepingin lihat sapi dari presidennya tuh yang kayak gimana sih. Jadi saya ajak mereka buat foto bareng juga," ungkap Astrid tak jauh dari lokasi fotonya dengan sapi berpunuk itu.

"Sapinya gede, awalnya anak-anak takut sih. Tapi pas diajak jadi tidak takut lagi mereka," kata Yusuf sembari melihat anaknya yang mengangguk seakan mengiyakan pernyataan sang ayah.

Kedua sapi pimpinan tertinggi Republik Indonesia (RI) itu menjadi bagian dari 27 sapi yang akan dikurbankan di Masjid Istiqlal. Selain sapi, ada juga 26 kambing yang akan disembelih di sana. "Ada 27 sapi dan 26 kambing yang akan disembelih setelah shalat Ashar nanti," ungkap Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement