Jumat 01 Sep 2017 10:37 WIB

Jumlah Kurban di Masjid Agung Indramayu Turun

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Hewan kurban (ilustrasi)
Foto: ROL/Abdul Kodir
Hewan kurban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Jumlah hewan kurban yang diserahkan masyarakat ke Masjid Agung Kabupaten Indramayu pada tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Selain di Masjid Agung, penyembelihan hewan kurban juga dilakukan di masjid dan mushala lainnya di Kabupaten Indramayu.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan petugas shalat Idul Adha di Alun-alun Kabupaten Indramayu, di sebutkan bahwa jumlah kurban sapi pada tahun ini mencapai tiga ekor dan kurban kambing mencapai 24 ekor. Dengan demikian, total hewan kurban yang diserahkan ke Masjid Agung Indramayu tahun ini mencapai 27 ekor.

Jumlah itu menurun dibandingkan kurban Idul Adha tahun sebelumnya. Saat itu, total hewan kurban yang diserahkan ke Masjid Agung mencapai 36 ekor. Dari jumlah itu, sapi mencapai dua ekor dan kambing sebanyak 34 ekor.

Selain di Masjid Agung, penyerahan hewan kurban dari masyarakat juga terjadi di masjid dan mushala lainnya di Kabupaten Indramayu. Salah satunya di Mushala Nurul Hikmah, Kelurahan Margadadi, Kecamatan Indramayu. Di mushala itu, terdapat satu ekor sapi dan dua ekor kambing yang berasal dari warga setempat.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Indramayu, Masykur, yang bertindak sebagai khatib Idul Adha di Alun-alun Kabupaten Indramayu, menyatakan, makna berkurban sesungguhnya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui momentum Idul Adha, umat Islam pun diajak untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Kita kecil di hadapan Allah SWT,'" tandas Masykur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement