Selasa 29 Aug 2017 06:26 WIB

Pramuka Kirim Tim ke Myanmar Sambut Kurban

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault bersama anggota pramuka
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault bersama anggota pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melakukan Misi Kemanusiaan Program Kurban ke Myanmar guna menyambut Idul Adha 1438 Hijriyah/ 2017 Masehi. "Ini yang keempat kali. Setiap Idul Adha di masa kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault, kami selalu Kurban di tenda pengungsian Muslim di Rakhine State, Sittwe, Myanmar," kata Andalan Nasional Kwarnas Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Kwarnas Gerakan Pramuka Eko Sulistyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (29/8).

Dia mengatakan kegiatan tahunan itu akan dilaksanakan selama 10 hari. Tim akan bertolak Selasa hari ini dari Jakarta menuju Myanmar. Saat ini setidaknya terdapat lima ternak sapi dan 20 kambing yang siap dikurbankan di Myanmar. Namun jumlah tersebut dapat terus bertambah, mengingat masih ada waktu sampai Hari Raya Kurban.

Selain hewan kurban, Eko bersama relawan lokal Myanmar juga akan mendistribusikan berbagai kebutuhan pokok berupa beras, minyak sayur, gula, garam dan kebutuhan lainnya. Sebelumnya, Kwarnas Gerakan Pramuka juga melakukan misi kemanusiaan di banyak negara. Beberapa negara yang menjadi lokasi sasaran misi kemanusiaan di antaranya Nepal, Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, Nigeria, Suriah dan Palestina.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan Pramuka adalah relawan-relawan tangguh yang selalu hadir saat kebakaran hutan, bencana alam, saat mudik lebaran dan saat hari-hari besar keagamaan. "Bahkan, selama empat tahun kepengurusan kami, Pramuka ikut membantu masalah kemanusiaan di banyak negara," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement