Sabtu 26 Aug 2017 15:05 WIB

Warga Bandung Antusias Saksikan Karnaval Kemerdekaan

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andri Saubani
Kereta Pancasila yang dinaiki oleh Presiden Joko Widodo melintas di depan Gedung Sate, Kota Bandung dalam acara Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (26/8).
Foto: REPUBLIKA/Zuli Istiqomah
Kereta Pancasila yang dinaiki oleh Presiden Joko Widodo melintas di depan Gedung Sate, Kota Bandung dalam acara Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 diselenggarakan sebagai puncak perayaan HUT RI ke-72. Perayaan ini dipusatkan di Kota Bandung, Sabtu (26/8).

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 menampilkan unsur kebudayaan dari barbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua, dalam satu karnaval yang menggambarkan kekayaan budaya nusantara dalam satu kolaborasi, sesuai tema 'Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama'. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun direncanakan hadir mengikuti karnaval yang dijadwalkan dimulai pukul 14.00 WIB.

Perjalanan karnaval dimulai di Gedung Sate dan berakhir di Alun-Alun Kota Bandung. Berdasarkan pantauan Republika, masyarakat terlihat antusias menyaksikan karnaval yang akqn diikuti lebih dari 2.500 peserta karnaval yang berasal dari perwakilan budaya 13 provinsi, 20 Kabupaten di Jawa Barat, 43 komunitas, serta perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik se-lndonesia.

Di sekitar Gedung Sate seperti di Gasibu, dan sepanjang Jalan Diponegoro, masyarakat sudah menanti dimulainya karnaval. Bahkan di tengah terik matahari, warga tetap berdiri di tempat yang dikhususkan untuk menonton. Mereka rela berpanas-panasan bahkan menggunakan payung.

Salah seorang warga, Ati Surati mengatakan memang sengaja datang untuk melihat kemeriahan Karnaval Kemerdekaan. Apalagi Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan hadir. "Mau lihat Pak Presiden sama arak-arakan karnavalnya. Rame banget," kata Ati.

Tidak hanya orangtua, anak-anak dan remaja pun ikut menunggu menyaksikan karnaval. Sementara itu tampak kendaraan-kendaraan hias dan pengisi acara sudah siap.

Karnaval ini diselenggarakan melanjutkan tradisi menutup puncak perayaan bulan kemerdekaan dengan karnaval rakyat yang rutin diadakan sejak 2015. Pada 2015, perayaan bertajuk 'Karnaval Khatulistiwa diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat, dilanjutkan dengan 'Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba' di Parapet dan Balige, Sumatra Utara, tahun lalu.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan kesuksesan kamaval merupakan hasiil kerja bersama masyarakat Jawa Barat dan pendukung dari berbagai daerah di Indonesia. Pria yang akrah disapa Aher ini mengatakan karnaval ini adalah pesta rakyat untuk merayakan keberagaman Indonesia, “Karnaval ini merupakan karnaval terbesar di Indonesia yang diikuti oleh berbagai provins di Indonesia. Menampilkan ragam budaya khas dari tiap provinsi, karnavai ini merupakan penutupan perayaan kemerdekaan,” ujar Aher.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan kamaval ini membawa pesan kebhinekaan yang disambut secara antusias oleh warga Kota Bandung. “Saya telah menginstruksikan kepada setiap kelurahan untuk tumpah ruah mengikuti karnaval akhir pekan lni dengan membawa umbul-umbul berwama warni dan Iengkap dengan pasukan gorong-gorong dan kebersihan (Gober) yang akan membawa replika Piala Adipura besar, mengingat Bandung baru saja memperoleh piala Adipura,” ujar pria yang akrab dlsapa Emil ini.

Aat Suratin, budayawan penggagas, pelaksana, dan kurator karnaval, mangatakan karnaval ini tidak hanya melibatkan tokoh-tokoh seniman dan budayawan Jawa Barat, tetapi jugs seniman dari berbagai daerah lain. ”Semua yang ditampilkan di karnaval ini menggambarkan semangat kerja  bersama, mulai dari peserta karnaval yang akan menampilkan seni tradisional dan kontemporer, hingga kendaraan yang akan dinaiki oleh presiden,” ujar Aat,

Prosesi karnaval dibuka oleh Paduan Suara Universitas Parahyangan beserta 1.000 murid sekolah yang manyambut kedatangan rombongan presiden dengan lagu-lagu nasional dan perjuangan. Setelah itu, Addie MS mamimpin semua hadirin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pelepasan iring-iringan karnaval ditandai dengan pamukulan kentongan (kokhol) oleh Presiden RI diikuti oleh 100 kohkol Iainnya yang ditabuh oleh 100 hadirin. 1.000 murid sekolah akan membunyikan gendang tangan secura serentak, sebagai tanda dimulainya Karnaval Kemerdekaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement