Rabu 23 Aug 2017 15:09 WIB

Indonesia-Vietnam Berkomitmen Jaga Laut Cina Selatan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Winda Destiana Putri
Laut Cina Selatan
Foto: timegenie.com
Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan komitmen Indonesia dan Vietnam untuk menjaga stabilitas dan keamanan di Laut Cina Selatan. Ia mengatakan, stabilitas dan keamanan merupakan hal penting yang dibutuhkan bagi seluruh negara, terutama bagi negara-negara yang terletak di sekitar perairan Laut Cina Selatan.

Hal ini disampaikan Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Vietnam  Nguyen Phu Trong di Istana Kepresidenan.

“Kita tadi mengapresiasi dapat tercapainya Code of Conduct yang kita sudah sepakati di Manila beberapa waktu lalu, dan dengan kerangka ini mudah-mudahan kita segera dapat melakukan negosiasi,” ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/8).

Pembahasan masalah kawasan terkait Laut Cina Selatan ini sebelumnya dilakukan di forum ASEAN Foreign Minister' Meeting (AMM) Retreat ke-50 di Manila. Negosiasi kode maritim dengan negara di Kawasan ASEAN pun akan dimulai pada tahun ini. Hasil kesepakatan ini akan dipatuhi bersama.

Pembahasan kode etik Laut Cina Selatan ini merupakan langkah maju untuk menyelesaikan perselisihan di Laut Cina Selatan selama ini. Sehingga diharapkan hasil negosiasi negara-negara ASEAN dengan Cina pun akan menciptakan kestabilan dan keamanan kawasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement