Kamis 17 Aug 2017 22:50 WIB

Yasonna: Hukum dan HAM Jadi Dasar Pembangunan Bidang Lainnya

Menkumham Yasonna Laoly
Foto: Republika/ Wihdan
Menkumham Yasonna Laoly

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly menegaskan bahwa hukum dan hak asasi manusia adalah fondasi bagi pembangunan bidang lainnya. Menurutnya hukum dan HAM satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

"Hal ini dapat tercermin dari kebijakan revitalisasi dan reformasi hukum yang salah satu visinya adalah menghadirkan kembali negara yang melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara," kata Yasonna dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara 17 Agustus di gedung Kemenkumham, Jakarta, Kamis (17/8).

Artinya, kata Yasonna, bahwa hukum dan HAM menjadi dasar bagi proses revitalisasi dan reformasi hukum mulai dari pelayanan publik, penyelesaian kasus, penataan regulasi, pembenahan manajemen perkara, penguatan SDM, penguataan kelembagaan hingga pembangunan budaya hukum.

"Tidak hanya itu, hukum dan HAM menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang tercermin melalui aktivitas kegiatan prioritas yang bertujuan untuk penataan regulasi, baik dalam bidang penegakan hukum yang profesional dan perwujudan masyarakat yang berbudaya hukum kuat," tuturnya.

Ia meminta seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM untuk memaknai momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dengan sungguh-sungguh dan penuh penghayatan serta diikuti dengan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Tanamkan empati dan posisikan diri kita seakan-akan kita ikut serta menjadi bagian untuk memperjuangkan kemerdekaan, kemajuan, dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia," ujarnya.

Di masa lampau, kata Yasonna, pengorbanan darah, harta, dan nyawa menjadi taruhan bagi sebuah kebebasan dan masa depan bangsa Indonesia. Menurutnya, semua itu dilakukan dengan tulus, ikhlas, dan suka rela oleh para pendahulu kita para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

"Rasanya malu jika kita hanya menjadi penonton dan tidak mengambil bagian dan berperan serta dalam pembangunan negeri ini yang telah diwariskan oleh para pejuang bangsa kepada kita dengan mengorbankan darah, nyawa mereka," ucap Yasonna.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement