Kamis 17 Aug 2017 20:12 WIB

HUT RI ke-72, Jokowi Resmikan Simpang Susun Semanggi

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Bilal Ramadhan
Kendaraan melintas di Simpang Susun Semanggi saat dilakukannya uji coba open traffic Simpang Susun Semanggi di Jakarta, Jumat (28/7).
Foto: Republika/Prayogi
Kendaraan melintas di Simpang Susun Semanggi saat dilakukannya uji coba open traffic Simpang Susun Semanggi di Jakarta, Jumat (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Simpang Susun Semanggi (SSS) diresmikan bertepatan dengan HUT ke-72 Republik Indonesia, Kamis (17/8). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Simpang Susun Semanggi ini.

Presiden RI Jokowi datang pukul 19.09 WIB didampingi oleh sang istri, Iriana Joko Widodo. Presiden RI ini tiba dengan mengenakan batik warna biru tua-coklat bercorak kupu-kupu dan pohon kelapa.

Prosesi peresmian Simpang Susun Semanggi ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, dan pihak perwakilan PT. Wijaya Karya Tbk. (PT. Wika Tbk).  Mereka menekan tombol sirine sebagai tanda Simpang Susun Semanggi diresmikan.

Hadir pula Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah DKI Jakarta Tuty Kusumawati, dan Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede  turut hadir di Simpang Susun Semanggi.

Para Satuan Perangkat Kerja Daerah Pemerintah Provinsi DKI (SKPD Pemprov DKI Jakarta) ikut juga hadir, di antaranya, Kepala Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta Tinia Budiati, Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta Yusmada Faizal, dan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Sopan Adrianto.

"Dengan mengucap bismillah saya resmikan Simpang Susun Semanggi" ujar Presiden Jokowi sambil menekan tombol sirine di bawah Simpang Susun Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (17/9).

Presiden Jokowi mengaku sudah pernah melewati Simpang Susun Semanggi. Bahkan ia melewatinya sebanyak lebih dari 10 kali. Selain itu, Presiden RI ini mengatakan kawasan  Semanggi bukan hanya titik jantung Jakarta. Namun juga negara Indonesia.

"Keramaian yang paling padat adalah di Semanggi. Oleh sebab itu,  saya sangat menghargai kecepatan pembangunan Simpang Susun Semanggi, cepat sekali, satu tahun," katanya.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi kerja gubernur DKI Jakarta baik sekarang maupun sebelumnya. Serta, sambung Presiden Jokowi, mengapresiasi pekerjaan cepat PT. WIKA Tbk. dalam mengerjakan Simpang Susun Semanggi.

"Sekali lagi saya mengapresiasi pekerjaan cepat yang dikerjakan Simpang Susun Semanggi sesuai dengan rencana dan ini dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya dengan ketepatan waktu yang baik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement