Kamis 17 Aug 2017 07:17 WIB

Upacara HUT RI, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Merdeka

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan
Upacara bendera di Istana Merdeka (ilustrasi).
Foto: beritadunia.net
Upacara bendera di Istana Merdeka (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas dan penutupan sejumlah ruas jalan di Jakarta, terkait upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Istana Merdeka.

"Pagi pukul 08 00 WIB dimulai namun rambu-rambu sudah terpasang sejak pukul 06.00 WIB," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra, Kamis (17/8).

Rekayasa lalu lintas dilakukan di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menyebutkan, penutupan ini rekayasa dan penutupan dilakukan secara situasional sesuai pengibaran bendera di pagi hari dan sore hari saat penurunan bendera.

Adapun rekayasanya sebagai berikut:

Bundaran Air Mancur

1. Arus lalu lintas di sekitar Bundaran Air Mancur bisa belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Harmoni dan seterusnya.

2. Arus lalu lintas di sekitar Bundaran Air Mancur juga bisa belok kanan ke Jalan Merdeka Selatan - Jalan Medan Merdeka Timur.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Harmoni/Kota - Bundaran Air Mancur - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Harmoni dan seterusnya

Traffic Light Budi Kemuliaan

Arus lalu lintas di sekitar lampu lalu lintas Budi Kemuliaan diarahkan ke Jembatan Serong belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Jalan MH Thamrin dan seterusnya.

Pertigaan Pertamina Pejambon Arah Medan Mereka Utara

Arus lalu lintas di pertigaan Pertamina Jalan Medan Merdeka Timur diarahkan menuju Jalan Perwira - Jalan Lapangan Banteng - Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Tugu Tani - Jalan Ridwan Rais - Jalan Medan Merdeka Selatan - Bundaran Air Mancur dan seterusnya

Traffic light Harmoni arah Jalan Majapahit

Arus kendaraan dari lampu lalu lintas Harmoni diarahkan menuju Jalan Ir H Juanda - Pintu Air - Jalan Pos - Jalan Lapangan Banteng - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Tugu Tani - Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Medan Merdeka Selatan dan seterusnya

Stasiun Kota arah Harmoni

1. Arus dari arah Stasiun Kota yang mengarah ke Harmoni diarahkan ke kiri di lampu lalu lintas Olimo - Mangga Besar - Gunung Sahari - ke Jalan Wiryo Pranoto - Pecenongan - Samanhudi - Gunung Sahari.

2. Arus dari arah Stasiun Kota yang mengarah ke Harmoni diarahkan ke Jalan Zainul Arifin.Sedangkan lokasi penutupan jalan ada di jalan-jalan berikut:

1. Jalan Medan Merdeka Barat

2. Jalan Medan Merdeka Utara

3. Jalan Veteran Raya

4. Jalan Veteran I, II, dan III

5. Jalan Majapahit dari arah Harmoni

6. Areal Silang Monas

7. Jalan Museum

8. Jalan Budi Kemuliaan dari arah Jalan Abdul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement