Senin 14 Aug 2017 22:05 WIB

Tren Perjalanan Wisata Domestik Meningkat 10 Persen

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Wisatawan Domestik berekreasi di Anjungan Provinsi Sumatera Barat Taman MIni Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (1/8).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Wisatawan Domestik berekreasi di Anjungan Provinsi Sumatera Barat Taman MIni Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (1/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) mencatat perjalanan wisata domestik mengalami peningkatan sebanyak 10 persen selama semester pertama 2017 lalu. Ketua Umum Asita Asnawi Bahar memprediksi angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya destinasi-destinasi wisata baru di Indonesia.

Asnawi memandang, berwisata saat ini sudah menjadi kebutuhan di kalangan masyarakat menengah ke atas. Mereka biasanya merencanakan liburan sejak awal dan menyiapkan dana untuk kegiatan tersebut. "Minat berlibur kalangan menengah ke atas ini tinggi sekali. Dalam setahun mereka bisa berkali-kali melakukan perjalanan. Bahkan long weekend saja pergi berlibur," kata Asnawi, saat dihubungi Republika.co.id, Senin (14/8).

Sementara, tren perjalanan wisata di kalangan masyarakat menengah ke bawah, berdasarkan pengamatan Asita, relatif stagnan.

Pemerintah sendiri memproyeksikan jumlah wisatawan domestik pada tahun ini dapat mencapai 265 juta, dari yang sebelumnya 255 juta pada tahun 2016. Namun, jika melihat tren pertumbuhan wisata saat ini, Asnawi memprediksi target itu dapat terlampaui sampai 275 juta wisatawan lokal.

Mengenai destinasi wisata domestik, ia menyebut Bali memang masih menjadi primadona. Namun begitu, sejumlah destinasi wisata lain juga sudah mulai naik pamornya seperti Lombok, Derawan dan Raja Ampat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement