Senin 14 Aug 2017 15:36 WIB

Pilkada Jabar, Prabowo Diklaim Restui Deddy Mizwar-Syaikhu

Rep: Kabul Astuti/ Red: Andri Saubani
Prabowo Subiyanto
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Prabowo Subiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PKS dan Gerindra dapat dipastikan bakal mengusung duet Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu sebagai cagub dan cawagub dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga sudah menyetujui Ahmad Syaikhu sebagai calon wakil gubernur.

"Ya dengan Pak Prabowo sudah selesai untuk Demiz dan Syaikhu. Itu sudah, dan tinggal konsolidasi ke dalam di masing-masingnya. Saya kira itu proses yang tidak akan sulit untuk dijalankan," kata Hidayat Nur Wahid, Senin (14/8).

Hidayat Nur Wahid mengatakan, modal dasar yang dimiliki PKS dan Partai Gerindra sudah lebih dari cukup untuk memenuhi persyaratan maju di Pilkada Jabar 2018. Meski begitu, PKS tetap membuka tangan lebar-lebar bila ada partai-partai lain yang ingin berkoalisi untuk memenangkan duet Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu.

Menurut Hidayat, pencalonan Deddy Mizwar-Syaikhu berasal dari aspirasi masyarakat Jawa Barat. Deddy Mizwar yang selama ini dikenal sebagai publik figur dan pemain film, sudah lima tahun terakhir menemani Ahmad Heryawan sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. Sementara, Ahmad Syaikhu adalah Ketua DPD PKS Jawa Barat sekaligus wakil wali Kota Bekasi.

Politisi senior PKS ini mengungkapkan Partai Amanat Nasional (PAN) juga sudah menunjukkan kecenderungan untuk merapat ke PKS-Gerindra. Namun, hingga kini belum final, masih sebatas kecenderungan. PKS menghormati apapun keputusan akhir PAN. "PAN juga sudah komunikasi. Paling tidak tiga itu sudah komunikasi intensif, dan silakan yang lain kalau mau bergabung. Tentu akan kami apresiasi," kata Hidayat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement