Rabu 09 Aug 2017 07:17 WIB

Masih Ada Lomba Lari dalam Karung di Sleman

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
Wisatawan dari mancanegara turut memeriahkan lomba lari dalam karung 17 Agustusan (ilustrasi)
Wisatawan dari mancanegara turut memeriahkan lomba lari dalam karung 17 Agustusan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Perlombaan memang sudah jadi ritual rutin masyarakat merayakan HUT Republik Indonesia. Tapi, lomba balap dalam karung di Dusun Jaranan, Argomulyo, Cangkringan, Sleman, jadi pembeda lomba-lomba di peringatan HUT RI ke-72 tahun ini.

Lomba balap dalam karung memang jadi salah satu jenis lomba yang masih tergolong langka dan cukup menarik perhatian masyarakat. Pasalnya, peserta harus dimasukkan ke dalam karung dengan hanya kelihatan wajahnya dan bagian atas karung ditali.

Untuk pengamanan, peserta diwajibkan menggunakan helm, karena peserta balap karung kemungkinan besar akan terjatuh saat berlari. Selain itu, setiap peserta harus memiliki pendampingnya untuk mengarahkan dan menolong saat jatuh.

Galih, salah satu panitia lomba menuturkan, lomba-lomba yang ada diperuntukkan bagi anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua. Sejumlah lomba yang sudah berjalan antara lain pertandingan voli lumpur antar RT, lari kelereng dan masukan pensil ke botol.

Ada pula lomba makan krupuk yang seakan jadi lomba wajib tujuh belasan, juga lomba pecah balon dan pecah air. Khusus untuk lomba voli lumpur yang telah berlangsung, ternyata mendapat animo yang sangat besar dari dalam dan luar dusun. "Banyak pengguna jalan yang menyempatkan diri menonton karena kebetulan lokasi lapangan atau sawah ada di tepi jalan," kata Galih, Selasa (8/8).

Selain itu, lomba-lomba yang masih akan berlangsung pekan depan di antaranya mewarnai dan menggambar. Sejumlah hiburan turut disediakan seperti kesenian jatilan, ketoprak anak-anak, pentas tari, band remaja dan Koesplusan bagi bapak-bapak. "Pada malam HUT RI nanti akan diadakan juga malam tirakatan dengan renungan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur," ujar Galih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement