Senin 07 Aug 2017 17:11 WIB

Perbaiki Kualitas, Bulog Bondowoso Proses Ulang Rastra

Beras
Foto: Republika/ Wihdan
Beras

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO -- Sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mengembalikan beras sejahtera (rastra) yang mereka peroleh karena kualitasnya dinilai kurang bagus. Maka itu, Badan Urusan Logistik Sub-Divisi Regional Bondowoso, bakal memproses ulang rastra tersebut.

Kepala Sub-Divre Bulog Bondowoso, Adhekan, menuturkan proses ulang rastra dilakukan terhadap sebanyak 3.000 ton rastra. "Selain beras sejahtera yang dikembalikan oleh KPM karena mutunya turun, proses ulang rastra juga dilakukan terhadap beras yang mutunya turun karena sudah tersimpan lama di gudang Bulog sekitar satu tahun lebih," ujar dia, Senin (7/8).

Ia mengatakan pemrosesan ulang dilakukan dengan menggunakan alat ‘blower’ sehingga mutu beras akan kembali bagus. Rastra yang diproses ulang tersebut merupakan rekomendasi dari tim pemantau rastra untuk memperbaiki kualitas beras yang selama ini dikeluhkan oleh sebagian keluarga penerima manfaat.

"Kami sudah melakukan reproses rastra 50 persen dan perlu diketahui bahwa beras yang diproses ulang itu sebagian merupakan beras yang dikembalikan kepada Bulog oleh penerima serta sebagian lagi rastra di gudang Bulog yang mengalami turun mutu," ujarnya.

Adhekan menambahkan, Bulog memiliki tim pemantau kualitas rastra yang akan mengecek langsung stok rastra di beberapa gudang Bulog. Jika terdapat beras yang mutunya atau kualitas mulai turun atau terkena hama maka akan dilakukan penyemprotan hingga dilakukan fumigasi.

"Proses ulang beras sejahtera ini merupakan upaya kami memberikan layanan terbaik kepada masyarakat atau KPM rastra," katanya.

Stok rastra di Bulog Bondowoso saat ini tercatat sebanyak 14 ribu ton dan bisa mengakomodasi kebutuhan hingga sembilan bulan ke depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement