Sabtu 05 Aug 2017 23:22 WIB

Jelang Festival Lampion, Masyarakat Padati Candi Arjuna

Festival lampion/ilustrasi
Foto: flickr
Festival lampion/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat umum memadati kawasan Candi Arjuna, Banjarnegara, Sabtu, jelang Festival Lampion yang akan menerbangkan empat ribu lampion Dieng Culture Festival 2017. Berdasarkan pengamatan Antara, masyarakat memadati tempat penonton baik area untuk pengunjung bertiket khusus Dieng Culture Festival 2017 dan nontiket.

Masyarakat juga tumpah ruah di sepanjang Jalan Raya Dieng, area pintu masuk dan kawasan sekitar panggung utama dekat Candi Arjuna. Rencananya, empat ribu lampion akan diterbangkan pada Sabtu malam.

Bagi penonton bertiket DCF 2017 mereka akan mendapatkan lampion yang telah disediakan panitia pelaksana kegiatan tersebut. Sementara masyarakat umum banyak yang membeli lampion sendiri.

Di area pintu masuk dan sekitar Candi Arjuna ditemui banyak penjual lampion dengan berbagai warna dengan harga bervariasi dengan kisaran Rp15 ribu-25 ribu. Festival Lampion tersebut akan menjadi acara malam puncak DCF 2017 sehingga banyak masyarakat yang memadati area Candi Arjuna.

DCF 2017 yang berlangsung pada 4-6 Agustus itu akan ditutup pada Ahad (6/7) sore dengan acara Pencukuran Anak Gembel yang merupakan bagian dari kearifan lokal Dataran Tinggi Dieng. Sebelumnya, Ketua Panitia DCF 2017 Alif Fauzi mengatakan lampion yang dilepas ke udara memiliki daya terbang 100-200 meter dari permukaan tanah.

Dengan begitu, kata dia, lampion yang terbang tidak akan mengganggu penerbangan pesawat. Dengan kata lain, lampion yang diterbangkan tersebut aman bagi keselamatan pesawat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement