Kamis 27 Jul 2017 19:35 WIB

Nama Kakek Asal Karawang Ini Bikin Heboh Dunia Maya

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Nidia Zuraya
Orang lanjut usia. ilustrasi
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Orang lanjut usia. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kakek 85 tahun asal Desa Waluya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang ini, mendadak viral di dunia maya. Ini dikarenakan nama sang kakek ini sangat unik, yaitu Kanjut.

Karena nama tersebut membuah heboh, sampai-sampai kakek dua anak ini diundang langsung oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. "Bagi warga Jabar, nama kakek ini sangat unik," ujar Dedi kepada Republika.co.id, Kamis (27/7).

Menurut Dedi, bagi sebagian masyarakat Jabar, kata 'kanjut' tabu diucapkan. Bahkan, terkesan harus ditutup-tutupi. Pasalnya, kanjut merupakan nama bagi alat reproduksi kaum laki-laki. Sehingga, penyebutannya sangat tabu.

Akan tetapi, di tatanan masyarakat sunda, ada beberapa frase kalimat yang menggunakan kata kanjut. Di antaranya, kanjut dina tarang yang memiliki arti pemalu. Lalu, kanjut dina punduk yang artinya penakut.

Kemudian, kanjut kundang artinya tempat menyimpan uang. Serta, ada lagi yaitu ngetrukeun eusi kanjut yang artinya menikahkan anak bungsu.

Namun, kakek yang sehari-hari bertani dan menggembala kambing ini memang bernama Kanjut. Nama tersebut, terkuak ketika si kakek berobat ke puskesmas, lalu petugasnya meminta KTP serta kartu Indonesia sehat (KIS). "Dari situlah, kartu si kakek menyebar di dunia maya. Serta jadi viral," ujar Dedi.

Karena penasaran dengan si kakek ini, Dedi meminta stafnya untuk menemuinya. Ternyata, kakek ini seperti bayangannya. Meskipun di usianya yang sudah senja. Namun, kakek tersebut masih sehat dan bugar.

Bahkan, kata Dedi, kakek Kanjut memiliki keahlian bela diri. "Kakek ini, sudah punya tujuh domba. Ternaknya saya ganti dengan bibit unggul. Supaya, domba si kakek lebih mahal harganya," ujarnya.

Sementara itu, Kakek Kanjut menceritakan, sebenarnya sejak lahir sampai usia enam tahun dirinya diberi nama Rasyid. Akan tetapi, selama itu pula Rasyid kecil sering sakit-sakitan. Sampai suatu hari, dia di bawa berobat ke mantri kampung. "Oleh mantri itu, nama kakek suruh di ganti jadi Kanjut," ujarnya.

Entah memang namanya yang cocok atau bagaimana, sejak berganti nama Kakek Kanjut sehat sampai sekarang. Namun, sejak dirinya berobat ke Puskesmas karena sesak nafas, namanya menjadi terkenal dan membuat heboh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement