Senin 24 Jul 2017 19:53 WIB

Harga Garam di Pasar Tradisional Sukabumi Melambung

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Ilham Tirta
Pedagang garam (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pedagang garam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Harga komoditas sayuran di pasar tradisional Kota Sukabumi mengalami kenaikan. Kenaikan ini dipicu oleh menurunnya pasokan sayuran tersebut ke pasaran.

Harga bawang daun naik dari Rp 8 ribu per kilogram menjadi Rp 18 ribu per kilogram, terang salah seorang pedagang sayuran di sekitar Pasar Pelita Kota Sukabumi, Zulfikar (34 tahun), Senin (24/7). Lonjakan harga ini sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Kenaikan harga, ujar Zulfikar, disebabkan berkurangnya pasokan bawang daun ke pasaran. Bahkan, pasokan bawang daun sempat kosong pada beberapa hari lalu.

Penurunan pasokan bawang daun ke pasaran belum diketahui penyebabnya. Diduga akibat kurangnya pasokan bawang daun dari petani.

Zulfikar menerangkan, harga sayuran lainnya dalam keadaan stabil. Misalnya, cabai merah lokal yang dijual pada kisaran Rp 30 ribu per kilogram. Selain itu harga cabai rawit hijau yang dijual Rp 25 ribu hingga Rp 28 ribu per kilogramnya.

Harga garam di pasar tradisional juga mengalami kenaikan. Harga garam saat ini di pasaran mencapai kisaran Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per pak. Padahal sebelumnya hanya dijual Rp 700 hingga Rp 1.000 per pak.

"Kami langsung melakukan pengecekan terkait naiknya harga garam," ujar Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Sukabumi Asep Jafar. Salah satunya dengan mendatangi lokasi pengolahan garam di Kelurahan/Kecamatan Cibadak.

Hasilnya, penyebab terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga garam saat ini di akibatkan dari cuaca ekstrem di beberapa wilayah penghasil garam seperti Madura dan Pati. Sehingga petani mengalami gagal panen yang berpengaruh pada penurunan pasokan garam ke beberapa wilayah serta berimbas pada naiknya harga garam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement