Ahad 23 Jul 2017 16:03 WIB

FKIP UMM Perluas Implementasi Lesson Study

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM) berkolaborasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar workshop bertajuk Learning Community for Better Future Educations, Sabtu (22/7).
Foto: Humas UMM
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM) berkolaborasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar workshop bertajuk Learning Community for Better Future Educations, Sabtu (22/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM) berkolaborasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar workshop bertajuk Learning Community for Better Future Educations, Sabtu (22/7). Kegiatan tersebut guna melanjutkan implementasi model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan atau Lesson Study.

Di Kota Batu, implementasi Lesson Study sebenarnya sudah dilakukan sebelumnya. Di antaranya di tahun 2011, yaitu SMA Negeri 2 Kota Batu dan SMA Muhammadiyah 3 Kota Batu. Ketua tim Lesson Study, Nur Widodo mengatakan, workshop yang dihadiri guru tingkat dasar hingga menengah atas se-Kota Batu ini merupakan upaya perluasan penerapan Lesson Study.

Menurut Nur Widodo, acara ini merupakan upaya timbal balik para alumni program Short-term Training on Lesson Study (STOLS) yang diberikan JICA kepada para dosen UMM untuk memperdalam Lesson Study di Jepang selama 1 bulan. “Ini merupakan komitmen kami sebagai alumni. Meski sumber pendanaan yang didapat sudah berhenti, kami berupaya supaya program ini tidak selesai begitu saja. Sampai saat ini kita berupaya untuk melanjutkan kegiatan tersebut secara mandiri,” katanya dalam rilis yang dikirim bagian Humas UMM, Ahad (23/7).

Hadir pula para calon peserta yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti kegiatan internship di Jepang untuk memperdalam Lesson Study. Selain itu, turut hadir perwakilan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Madiun, IKIP Kediri, serta sejumlah dosen dari UMM sendiri.  

Beberapa materi yang diberikan di antaranya Collaborative Learning Melalui Lesson Study oleh Nur Widodo. dan materi “Observasi Kelas” pada Lesson Study-Learning Community oleh dosen program studi Biologi FKIP UMM Rr. Eko Susetyarini.  

Sementara, perwakilan dari JICA, Widi berharap setelah mengikuti workshop ini, peserta dapat memahami dan mempratikkan konsep Lesson Study dengan lebih baik di kelas. “Selain itu, diharapkan peserta juga dapat menemukan ide-ide baru sewaktu mengajar. Sehingga selain kemampuan cara mengajar anda dapat meningkat, juga dengan pelatihan dan pengetahuan tersebut, menimbulkan komunitas belajar yang aktif untuk pendidikan yang lebih baik di masa depan,” katanya.

Workshop ini sekaligus dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara FKIP dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batu. Langkah tersebut dilakukan untuk sosialisasi dan pengimplementasian Lesson Study. Program ini, kata Nur Widodo, tengah difokuskan di wilayah Kota Batu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement