Kamis 20 Jul 2017 17:19 WIB

Survei: Publik Lebih Percaya KPK Dibanding DPR dan Parpol

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Bayu Hermawan
KPK
KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei dari Polling Center menunjukan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lembaga tertinggi yang dipercaya oleh masyarakat. Surveo tersebut dilakukan pada April - Mei 2017.

Peneliti Polling Center Henny Susilowati mengatakan, tren kepercayaan masyarakat tersebut cenderung stagnan dari tahun ke tahun. Survei yang dirilis pada 20 Juli 2017 ini menunjukan tingkat kepercayaan masyarakat pada lembaga KPK dan presiden memiliki tren yang positif yakni sebanyak 86 persen dari 2.235 Responden yang dilakukan di 34 Provinsi.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan partai politik (Parpol), perusahaan swasta dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). DPR dalam survei tersebut berada di posisi ke tiga terendah dengan tingkat kepercayaan sebanyak 51 persen, sedangkan perusahaan swasta di urutan kedua terbawah yakni 49 persen. Urutan terakhir adalah partai politik dengan tingkat kepercayaan masyarakat hanya sebesar 35 persen.

"KPK merupakan lembaga paling dipercaya dan paling berperan dalam memberantas korupsi," kata dia saat ditemui di Konferensi pers, Survei Nasional Anti-Korupsi, Sari Pan Pacific, Kamis (20/7).

Selain itu, tingkat kepuasan masyarakat pada lembaga anti rasuah tersebut, kata dia, sangat tinggi. Peningkatan indikator yang menyatakan sangat puas naik dari 9 persen di tahun 2016, menjadi 12 persen di tahun 2017. Sedangkan untuk indikator puas atas kinerja KPK berada di posisi 58 persen pada tahun 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement