Kamis 20 Jul 2017 17:18 WIB

Sukabumi Berencana Bangun Dua Unit Pelabuhan Lokal

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi.
Foto: Republika/Edwin DP
Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana membangun dua unit pelabuhan lokal di wilayah selatan. Keberadaan sarana tersebut untuk mendukung pengembangan jalur pelayaran di selatan Jawa.

Rencana pembangunan dua unit pelabuhan lokal ini disampaikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam rapat terbatas sesi publik potensi pengembangan jalur pelayaran perintis selatan Jawa di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta.

''Pembangunan dua unit pelabuhan ini sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD),'' kata Marwan kepada wartawan Kamis (20/7).

Menurut dia, rencananya pembangunan dua pelabuhan lokal ini berada di Palangpang Kecamatan Ciemas dan Cibangbang Kecamatan Cisolok. Selain pembangunan pelabuhan lokal juga mendorong pembangunan pelabuan regional Palabuanratu.

Menurut Marwan, pembangunan pelabuhan ini dilakukan dalam rangka penguatan eksistensi Indonesia di Samudra Hindia. Selain itu sejalan dengan pengembangan poros maritim dunia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi Thendi Hendrayana menambahkan, pembangunan ini diharapkan bisa segera terwujud. '' Ke depan moda angkutan laut akan menjadi pilihan transportasi dari dan ke Palabuanratu,'' imbuh dia.

Jalur ini pun kata Thendy bisa terhubung dengan pelabuhan lainnya yang berada di selatan Pulau Jawa. Dampaknya masyarakat bisa mendapatkan pilihan moda transportasi yang terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement