Selasa 18 Jul 2017 13:09 WIB

Cegah Hoax, Universitas BSI Gelar Seminar Cyber Law

Universitas BSI akan menggelar seminar cyber law di Bandung, Selasa (25/7).
Foto: Dok BSI
Universitas BSI akan menggelar seminar cyber law di Bandung, Selasa (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --  Belakangan ini pemerintah Indonesia sedang gencar memerangi penyebaran berita palsu atau hoax melalui media sosial yang dianggap sudah tak terkendali. Universitas BSI Bandung melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Universitas BSI tidak lama lagi akan menggelar Seminar Nasional IT, Ethics, Regulation and Cyber Law.

Gelaran seminar ini merupakan kerja sama antara PPPM Universitas BSI,  PPPM AMIK BSI Bandung dan Polda Jawa Barat. Seminar mengusung tema  ‘Implementasi UU ITE Untuk Mencegah Hoax di Media Sosial Dalam Mewujudkan Keadilan dan Ketertiban Umum’.

Seminar nasional ini akan dilaksanakan pada Selasa (25/7/2017)  di Grand Asrilia Hotel, Jalan Pelajar Pejuang 45 nomor  123, Bandung.  “Seminar ini merupakan salah satu kepedulian Universitas BSI Bandung untuk membantu Polda Jawa Barat dalam memberantas kejahatan IT, terutama penyebaran berita palsu (hoax),” kata  Ketua Panitia Seminar Lukman Hakim di Bandung, Selasa (18/7).

Lukman menyebutkan, rencananya gelaran seminar nasional ini akan terbagi menjadi dua sesi. Setiap sesi seminar ini akan menghadirkan sejumlah tokoh dan pembicara ahli.

Ia menyebutkan, sesi pertama akan membahas  “Implementasi UU ITE untuk Mencegah Hoax di Media Sosial Dalam Rangka Mewujudkan Keadilan dan Ketertiban Umum”. Nara sumber yang direncanakan tampil adalah  Ditreskrimsus Polda Jabar dan Dr Mochamad Wahyudi MM., MKom, MPd, CEF, CHFI selaku praktisi IT internasional di bidang hacking & IT Forensic dan ketua APTIKOM Wilayah III.

Sementara pada sesi kedua, lanjut Lukman, panitia menggaet wanita nomor satu di kota Bandung, yakni ibu Atalia Praratya SIP (istri Walikota Bandung) sebagai pembicara dalam seminar ini bersama dengan Dr Dwiza Riana MM, MKom, Dr Nina KH, Dr Cecilia, serta Herni Herman (pengusaha transportasi dan politisi). Mereka akan mengupas topik  HOAX, Teknologi, dan Perempuan’.

Lukman mengemukakan, pendaftaran seminar nasional tersebut masih dibuka untuk umum sampai dengan 23 Juli 2017. Pendaftaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke kampus Universitas BSI, Jalan  Sekolah Internasional  nomor  1-6, Antapani, Bandung atau melalui panitia di nomor telepon 0878 2148 4514.

Selain seminar, rencananya akan diselenggarakan pula soft launching dari pengembangan kampus Universitas BSI yang beralamat di Jalan  Sekolah Internasional nomor  1-6, Antapani, Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement