Jumat 14 Jul 2017 23:20 WIB

Lima Rumah Hangus Terbakar di Meulaboh

ilustrasi Kebakaran
Foto: Republika/ Yasin Habibi
ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH, ACEH -- Kebakaran hebat menghanguskan sedikitnya empat rumah penginapan dan satu rumah warga di Jalan Blang Pulo, Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Jumat (14/7) petang.

"Saya sedang keluar, dapat kabar rumah tebakar, saya langsung kemari, sesampainya di sini saya lihat api memang sudah membesar. Empat rumah dengan 25 kamar sewaan yang terbakar,"kata Ilham, pemilik penginapan kepada wartawan di lokasi.

Kumpulan asap pekat menjulang ke atas mengundang ribuan warga seputar Kota Meulaboh memadati lokasi kejadian perkara, limat unit armada pemadam kebakaran (Damkar) berhasil memadamkan api, namun semua bangunan sudah ludes.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden pukul 17.30 WIB ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, selain menghanguskan 25 unit kamar penginapan, api juga meratakan satu unit rumah warga Syukri yang bersebelahan dengan penginapan itu.

Ilham mengaku sempat menyaksikan sumber kobaran api memuncak dari rumah semi permanen milik Syukri di dekat penginapannya yang juga berkontruksi semi permanen, akan tetapi penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian.

"Saya ada di sini, tapi di dalam kamar, begitu keluar orang-orang sudah berteriak kebakaran, api sudah menjalar. Terus saya masuk lagi mengeluarkan sepeda motor saya yang masih di dalam," sebut Adi (25) salah satu penghuni penginapan itu.

Selain mobil pemadam kebakaran, warga sekitar juga panik dan ikut membantu melakukan pemadaman api secara manual pada jarak yang bisa dijangkau, sayangnya hanya berkisar 30 menit semua kontruksi sudah habis di lahap "si jago merah".

Kasi Kedaruratan pada Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Beni Hardi, menyatakan, pihaknya mengerahkan lima unit armada damkar, pihak sedikit terlambat mendapat informasi dari warga.

"Kontruksinya banyak kayu, kemudian setiba kita di sini api sudah membesar karena sedikit terlambat di sampaikan,"katanya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement