Jumat 14 Jul 2017 20:50 WIB

29 Gempa Bumi Berpusat di Sukabumi pada Tengah Tahun Ini

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Gempa bumi di Sukabumi
Gempa bumi di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Jumlah gempa bumi yang lokasinya berpusat di Kota/Kabupaten Sukabumi di sepanjang 2017 ini cukup banyak. Pasalnya, gempa bumi yang berpusat di Sukabumi sejak Januari hingga Juli mencapai sebanyak 29 kali kejadian.

''Ada 29 kali gempa bumi yang lokasinya berpusat di Sukabumi,'' terang Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana kepada wartawan Jumat (14/7).

Terakhir kata dia guncangan gempa terjadi pada Jumat pagi sekitar pukul 05.06 WIB dengan kekuatan 2,8 skala richter (SR). Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa ini berlokasi di 7.23 LS 107 .21 BT dengan kedalaman 10 kilometer dan berjarak 45 kilometer tenggara Kota Sukabumi.

Ditambahkan Yana, jumlah gempa bumi terbanyak terjadi pada Januari sebanyak 11 kali kejadian. Selanjutnya kata dia pada Februari sebanyak enam kasus, Maret sebanyak tiga kasus, April sebanyak tujuh kasus, Mei dan awal Juli masing-masing sebanyak satu kasus.

Yana menuturkan, gempa bumi dengan kekuatan terbesar terjadi pada Februari yakni 5,2 SR. Selain itu kata dia pada Januari dengan kekuatan 5,1 SR. Sementara sisanya bervarasi mulai dari 2 SR hingga 4,9 SR. Menurut Yana, gempa terakhir yang terjadi pada Jumat pagi tidak menimbulkan kerusakan.

''Gempa itu kekuatann ya kecil dan pusat gempanya dalam,'' cetus dia. Ia menerangkan, gempa hanya terekam olej alat perekam gempa yaitu Seismograf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement