Kamis 13 Jul 2017 20:44 WIB

Pemprov Jabar Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Qommarria Rostanti
 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memimpin Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni, di Plaza Gedung Manggala Wanabakti Jakarta (5/6).
Foto: dok. Humas Kemenhut
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memimpin Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni, di Plaza Gedung Manggala Wanabakti Jakarta (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat akan menggelar perayaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 pekan ini. Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni tersebut akan mengusung tema "Menyatu dengan Alam".

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Anang Sudarna mengatakan, acara peringatan akan dimulai pada Jumat (14/7). Sementara puncak acara akan digelar pada Senin (17/7). Rangkaian acara akan diisi dengan program pemulihan lingkungan.

DLH Jawa Barat akan menggelar kegiatan gerakan gotong-royong serentak kabupaten/kota se-Jawa Barat. Kegiatan ini akan dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat dan komunitas pejuang lingkungan. Tujuannya untuk memulihkan kondisi lingkungan di Jawa Barat, salah satunya sungai-sungai.

Dia menyebut, peringatan ini bertujuan mengajak seluruh pemangku kepentingan agar berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. "Khususnya dalam menjaga kelestarian bumi serta merubah pola pikir para pemangku kepentingan menjadi masyarakat yang berbudaya lingkungan," kata Anang di Kantor DLH Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (13/7).

Anang berharap kegiatan gotong-royong ini dapat memicu semangat bersama-sama menjaga lingkungan. Alhasil, warga pun tidak lagi acuh pada kondisi sekitarnya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan pihak dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Nantinya juga akan ada pemberian sejumlah penghargaan kepada pihak-pihak yang berkontribusi besar pada upaya pelestarian lingkungan. Penghargaan yang akan disampaikan di antaranya sekolah berbudaya lingkungan dan penghargaan Raksa Prasada yang akan diberikan kepada kota/kabupaten yang menyusun kajian lingkungan hidup strategis pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement