Ahad 09 Jul 2017 20:07 WIB

Amien Rais: KPK Sudah Lemah, tak Perlu Dilemahkan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agus Yulianto
Politikus senior Amien Rais
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Politikus senior Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Mantan Ketua Umum PAN Amien Rais heran dengan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengusut kasus-kasus korupsi. Dia menilai, KPK sudah sangat lemah hingga tak mampu menyelesaikan kasus-kasus besar.

“KPK itu sudah lemah, tak usah dilemahkan lagi. Menghadapi kasus besar lembek, menghindar. Mengapa jadi sangat lemah?,” kata Amien usai menjadi pembicara dalam orasi kebangsaan yang diselenggarakan oleh Forum Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, pada Ahad (9/7) siang.

Amien pun mempertanyakan kelanjutan kasus korupsi seperti dugaan korupai BLBI, bailout Bank Century, kasus Sumber waras, hingga reklamasi teluk Jakarta. Dia mengatakan, KPK tak punya nyali untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Selain itu, Amien menilai, KPK juga telah menyalahi pasal 11 UU KPK . Menurutnya, lebih sering menangani kasus-kasus korupsi kecil dengan kerugian negara di bawah Rp 1 miliar. Sementara mengesampingkan kasus korupai yang merugikan miliar hingga triliunan rupiah.

“Dapat Rp 40 juta DPR digesek, kemudian jadi pahlawan. Ini harus dibenahi. Kemudian tak usah itu artis di datang-datangkan bela KPK, dosen dimoblilisasi, ini menampakan takut. Kalau tidak ada yang disembunyikan hadapi saja, jujur, kesatria,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement