Ahad 09 Jul 2017 12:00 WIB

Stasiun Rangkasbitung Ramai Dipadati Penumpang

Stasiun Rangkasbitung
Foto: Antara
Stasiun Rangkasbitung

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Penumpang memadati Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, dengan berbagai tujuan untuk kembali ke daerah asal setelah merayakan Lebaran 2017 dan mengunjungi objek wisata di daerah itu.

Berdasarkan pantauan, Minggu, ribuan penumpang memadati Stasiun Rangkasbitung sejak pagi hingga siang terus berdatangan untuk kembali ke daerah asal setelah merayakan lebaran di kampung halaman.

Selain itu penumpang liburan akhir pekan yang mengunjungi objek wisata. Kepadatan penumpang itu karena Senin (10/7) sudah kembali mulai pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sejumlah sekolah.

Para penumpang datang dari wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Mereka lebih memilih angkutan KA dengan alasan terjamin keselamatan juga tarifnya murah sehingga terjangkau serta kedatangan-keberangkatannya terjadwal.

Kebanyakan tujuan penumpang adalah Stasiun Serpong, Kebayoran, Palmerah, Tanahabang. Selain itu Stasiun Serang, Karangantu, Cilegon, Merak.

Meski stasiun dan KA dipadati penumpang, tetapi warga rela berdesak-desakan hingga berdiri dalam gerbong kereta. "Kami hari ini harus kembali ke Jakarta karena Senin besok anak-anak sudah belajar di sekolah," kata Tini (45) seorang penumpang bersama dua anaknya bertujuan Tanahabang.

Tini mengaku dirinya bersama anak berlebaran di kampung halaman di Kecamatan Muncang Kabupaten Lebak dan kembali ke Jakarta hari Minggu, sebab besok hari sudah masuk sekolah.

Kendati penumpang padat dan sulit bergerak, tetapi angkutan KA lebih menyenangkan karena cepat tiba ke Jakarta hanya waktu selama perjalanan 1,5 jam dibandingkan angkutan umum menggunakan mobil.

"Kami lebih senang naik angkutan lebih padat penumpang karena memiliki makna tersendiri," ujarnya.

Begitu juga Maman Suparman (45) seorang penumpang mengaku dirinya kembali ke Jakarta setelah mudik lebaran di Kabupaten Pandeglang. Ia dengan anggota keluarga kembali ke Jakarta karena anak-anak pekan depan sudah masuk sekolah.

Biasanya, dirinya jika mudik dua hari lebaran sudah kembali ke Jakarta. Namun, hari raya tahun ini anak-anak ingin lama tinggal di kampung halaman karena liburan sekolah cukup panjang. "Kami berharap perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan," katanya.

Kepala Stasiun Rangkasbitung Endarno mengatakan jumlah penumpang akhir pekan ini mengalami kenaikan sehubungan liburan sekolah dalam rangka lebaran berakhir dan pelajar harus kembali masuk sekolah.

Saat ini, jumlah penumpang diperkirakan mencapai 15 ribu orang dan kebanyakan menuju Jakarta. Kepadatan angkutan KA terlihat mulai pukul 08.50 WIB hingga siang ini terus berdatangan dari berbagai daerah di Provinsi Banten.

PT KAI tetap mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line keberangkatan rute Rangkasbitung-Tanahabang sebanyak 19 kali perjalanan dan kedatangan Tanahabang-Rangasitung sebanyak 16 kali perjalanan.

Sedangkan, KA Lokal keberangkatan-kedatangan Rangkasbitung-Merak dan sebaliknya sebanyak 12 kali perjalanan. "Semua penumpang terlayani dan terangkut sampai tujuan dengan selamat serta lancar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement