Rabu 05 Jul 2017 20:04 WIB

Kapolri: Satgas Pangan akan Kejar Mafia Beras

Rep: Mabruroh/ Red: Ratna Puspita
Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Kapolri Tito Karnavian
Foto: dok. Humas Kementan
Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Kapolri Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian memastikan Satgas Pangan akan terus bekerja. Bahkan, dia mengatakan kali ini prioritas Satgas Pangan mengejar para mafia beras.

"Satgas ini akan menyasar yang utama menyasar beras, kenapa? karena dari sembilan bahan pokok itu perputaran uang terbesar ada di beras," ujat Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/7).

Tito menjelaskan uang yang beredar untuk beras hampir sebesar Rp 487 triliun dan menjadi tertinggi dibanding bahan lainnya. Urutan kedua, yakni minyak goreng, dan urutan ketiga adalah jagung.

Tito juga menjelaskan terjadi ketimpangan dalam hal keuntungan antara pedagang dan petani. Jumlah petani mencapai 56 juta orang namun hanya mendapatkan keuntungan 60 triliun. Jumlah pedagang sebanyak 400 ribu orang namun meraup keuntungan hingga Rp 126 triliun.

"Nah ini kami melihat terjadi ketidakseimbangan," kata Tito.

Karena itu, kepolisian akan melakukan langkah-langkah untuk melakukan pengawasan di jalur terutama distribusi, kartel-kartel, atau mafia-mafia beras. "Mereka yang menimbun memainkan harga kalau mereka melakukan pelanggaran hukum kita ambil penegakan hukum," ujar Tito.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengaku ingin melihat senyum indah para petani yang dapat merasakan dan menikmati hasil jerih payahnya. Begitu pula dengan para pedagang dan konsumen dapat bersama-sama tersenyum karena tidak ada yang merasa dirugikan.

"Tapi, hati-hati, yang enggak boleh tersenyum ini adalah para kartel, mafia-mafia kartel yang akan kami kejar," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement