Senin 03 Jul 2017 23:07 WIB

Puluhan PNS Sumatra Utara Absen di Hari Pertama Kerja

Rep: Issha Harruma/ Red: Nur Aini
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Hari pertama kerja setelah cuti panjang Idul Fitri 1438 H, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumut, Senin (3/7). Sidak ini untuk melihat kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut, khususnya yang berkantor di Medan.

"Berdasarkan hasil sidak dan laporan yang kami terima dari BKD, dari 6.173 orang ASN, yang hadir 6.120 atau 99,14 persen. Ada 53 orang yang absen atau 0,54 persen," kata Erry, Senin (3/7).

Erry mengaku bangga dengan tingginya tingkat kehadiran pasca-cuti Lebaran ini. Namun, dia berharap, kehadiran ASN tersebut dikarenakan kesadaran akan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan masyarakat, bukan karena takut mendapat sanksi atau karena atasan.

"Saya perlu ingatkan bahwa kehadiran kita ini karena kesadaran kita sebagai ASN. Setelah cuti panjang hari ini, kerja dan harus lebih semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar dia.

Dalam sidak tersebut, Erry didampingi wakilnya, Nurhajizah Marpaung dan sejumlah pimpinan SKPD. Mereka mendatangi Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumut, Dinas Pendidikan Sumut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut, dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut.

Berdasarkan data yang ada, tingkat kehadiran ASN Bappeda Sumut diketahui mencapai 100 persen. Begitu juga dengan ASN Dinas Pendidikan dan Dispora Sumut yang hadir seluruhnya atau 100 persen.

Namun, Erry mengaku kecewa saat melakukan sidak ke kantor BPSDM Sumut. Di sana, dia menemukan ada dua ASN yang bolos kerja. "Ada dua yang alpa. Ini harus diberikan surat peringatan dan teguran. Saya berharap BPSM menjadi contoh karena di sini sumber pamong yang profesional dan amanah. Seharusnya harus memberi contoh teladan," kata Erry.

Selain melakukan sidak, Erry dan rombongan juga memanfaatkan momen hari pertama kerja untuk bersilaturahim dengan para ASN. Mereka saling bersalam-salaman dan foto bersama. Erry pun berharap, seluruh ASN di lingkungan Pemprov Sumut dapat terus menjaga semangat kerja "Semoga semakin menambah semangat kita bekerja, semangat membangun Sumut," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement