Sabtu 01 Jul 2017 18:41 WIB

ASDP Buka Loket Tiket di Luar Pelabuhan Bakauheni

Rep: Mursalind Yaslan/ Red: Israr Itah
 Arus Balik Pelabuhan Bakauheni Ratusan penumpang pejalan kaki mengantre membeli tiket di loket Pelabuhan Bakau heni, Lampung, Senin (20/7).
Foto: Antara/Kristian Ali
Arus Balik Pelabuhan Bakauheni Ratusan penumpang pejalan kaki mengantre membeli tiket di loket Pelabuhan Bakau heni, Lampung, Senin (20/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemudik pejalan kaki yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten dari Lampung dapat membeli tiket kapal ferry roro secara online di luar area pelabuhan. Tiga tempat pemesanan tiket kapal berada di wilayah Lampung.

Selain di Terminal Rajabasa, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Bakauheni, juga membuka pemesanan tiket di Rumah Makan Begadang IV dan Kalianda, Lampung Selatan.

Kehadiran pemesanan tiket kapal ferry di luar pelabuhan mendapat apresiasi dari calon penumpang kapal yang berada di Terminal Induk Rajabasa Kota Bandar Lampung. Penumpang bus tujuan Pelabuhan Bakauheni, banyak yang memesan tiket kapal di terminal sebelum ke Bakauheni.

Nah, kalau ada di terminal lebih baik, karena tidak mengantre panjang di loket tiket pelabuhan,” kata Heri, pemudik asal Lampung tujuan Jakarta, Sabtu (1/7).

Menurut Bambang Hendra dari PT ASDP, kehadiran loket tiket di luar pelabuhan yang disebut buffer zone, memberikan kemudahan bagi penumpang pejalan kaki. Mereka tidak perlu mengantre panjang dan berdesakan di loket tiket pelabuhan saat arus mudik dan balik Lebaran.

Ia menyatakan ASDP membuka layanan pemesanan tiket kapal online buffer zone tersebut sekaligus sosialisasi tiket kapal online kepada pengguna jasa kapal.

Untuk sementara, PT ASDP masih memfokuskan pemesanan tiket kapal online bagi calon penumpang kapal pejalan kaki. Sedangkan untuk tiket kapal bagi kendaraan menyusul.

Hingga Sabtu (1/7) petang, buffer zone Rajabasa sudah melayani lebih dari 3.000 orang penumpang pejalan kaki. Tiket dapat dibeli dengan harga yang sama seperti di pelabuhan, yakni Rp 15 ribu untuk dewasa dan Rp 8 ribu untuk anak-anak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement