Jumat 30 Jun 2017 18:50 WIB

Obama Melahap Hidangan Bakso di Kebun Raya

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko WIdodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama (kiri) di beranda Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6).
Foto: Antara/Desca Lidya Natalia
Presiden Joko WIdodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama (kiri) di beranda Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Barack Obama telah meninggalkan Istana Kepresidenan di Bogor. Kunjungan Obama ke Bogor merupakan rancangan kegiatan Presiden ke-44 Amerika Serikat selama berada di Indonesia. Lantas apa saja makanan yang disajikan untuk Barack Obama?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Obama sebagai lawatan informal. Sebab kedatangan Obama di Indonesia bukan sebagai orang nomor satu di Amerika. Hal ini membuat sambutan dari Jokowi pun terkesan santai.

Jokowi pun memberikan jamuan yang tidak terlihat mewah. Bukan dijamu di Istana Kepresidenan, Obama justru diajak menaiki boogie untuk ke Grand Garden Cafe and Resto yang berada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor, sekitar pukul 15.40 WIB.

Kepala Biro Pers Istana Negara Bey Machmudin mengatakan, di tempat tersebut Jokowi dan Obama hanya berbincang berdua di ruangan yang terbuka. Namun karena hujan, keduanya kemudian berpindah ke tempat yang lebih teduh tapi tetap terbuka.

 

"Saat pembicaraan Obama dan Jokowi disajikan teh hangat," kata Bey di Istana Kepresidenanan, Jumat (30/6).

Selain itu, Obama juga disuguhi jajanan pasar berupa onde-onde, talam ubi, kue mangkok, panada cakalang, dan lemper ayam. Saat berpindah tempat ke ruangan yang lebih teduh ini, manajemen resto juga menyajikan bakso. Makanan ini dianggap cocok terlebih pada waktu tersebut hujan tengah mengguyur kota Bogor.

"Menurut manajemen, bakso yang disajikan dilahap habis oleh Obama," ujar Bey.

Usai bersantap dan berbincang-bincang, Obama bergegas meninggalkan Kebun Raya Bogor sekitar pukul 16.30 WIB. Dengan tenggat waktu tersebut, Obama hanya menghabiskan waktu satu jam bersama Jokowi.

Obama sendiri nampaknya tidak asing dengan makanan khas Indonesia. Obama sempat merasakan tinggal di Jakarta kisaran tahun 1967-1971 bersama ibu dan ayah tirinya. Dia sempat bersekolah di SD Santo Fransiskus Asisi di Tebet selama tiga tahun, kemudian pindah ke SD Negeri Menteng 1 (atau SD Besuki) di Menteng hingga berusia 10 tahun.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement