Kamis 22 Jun 2017 19:57 WIB

Penumpang Bandara Kualanamu Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Rep: Issha Harruma/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Calon penumpang berjalan menuju peron kereta api menuju Bandara Internasional Kualanamu di Stasiun Besar Kereta Api Indonesia (KAI) Medan, Kamis (27/3). (Antara/Widodo S. Jusuf)
Calon penumpang berjalan menuju peron kereta api menuju Bandara Internasional Kualanamu di Stasiun Besar Kereta Api Indonesia (KAI) Medan, Kamis (27/3). (Antara/Widodo S. Jusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG -- Jelang Lebaran 2017, peningkatan jumlah penumpang yang melalui bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, mulai terlihat. Terjadi kenaikan penumpang jika dibandingkan pada musim Lebaran tahun lalu.

"Dari data penumpang, H-4 (Rabu, 21 Juni) sudah mulai ada kenaikan, baik yang datang maupun yang pergi. Jika dibandingkan dengan hari yang sama pada tahun sebelumnya ada kenaikan penumpang sekitar 5,6 persen," kata Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto, Kamis (22/6).

Wisnu mengatakan, pada hari biasa, jumlah penumpang yang melalui bandara Kualanamu berjumlah sekitar 30 ribu orang per hari. Angka ini pun mengalami peningkatan menjadi lebih dari 32 ribu penumpang pada H-4 Lebaran atau Rabu (21/6) kemarin.

"Sebenarnya prediksi kami jumlah penumpang antara 31-32 ribu, tapi nampaknya sebaran sudah mulai meningkat pada H-4 lebaran ini. Total kami perkirakan ada kenaikan sampai 9 persen," ujar dia.

Wisnu mengatakan, pihaknya memprediksi, puncak lonjakan penumpang di bandara Kualanamu akan terjadi H-2 atau pada Jumat (23/6) besok. Perkiraan ini, lanjutnya, mengingat cuti bersama dari pemerintah dimulai pada hari tersebut.

"H-2 diprediksi terjadi lonjakan untuk arus mudik di bandara Kualanamu dan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+7 atau H+8," kata Wisnu.

Seperti tahun sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Kualanamu kembali mendirikan Posko Terpadu dalam rangka musim mudik Lebaran. Posko ini telah beroperasi sejak 15 Juni hingga 11 Juli 2017 dan berlokasi di Terminal Kedatangan Kualanamu.

"Bandara Kualanamu beroperasi 24 jam dan dalam hal pengamanan, di samping pengamanan dari internal, kami dibantu oleh TNI dan Polri. Bila mengacu pada tahun lalu berjumlah 60 personel," ujar Wisnu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement