Kamis 08 Jun 2017 23:17 WIB

Kapolda Papua Ajak Ulama Mimika Tangkal Paham Radikal

Kapolda Papua Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Kapolda Papua Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar mengajak para ulama dan tokoh agama di Kabupaten Mimika agar menangkal paham radikal yang kian berkembang di Indonesia dewasa ini. Saat menghadiri acara buka puasa bersama dengan umat muslim Mimika bertempat di Gedung Serbaguna Masjid Agung Babusallam Timika, Kamis (8/6) Kapolda Papua mengatakan dewasa ini orang-orang muda potensial direkrut oleh kelompok radikal.

Di sinilah diperlukan peran para ulama dan pemuka agama untuk terus mengajak dan menyadarkan generasi muda agar tidak terjerumus dalam ajaran radikal. Ajaran radikal bertentangan dengan padam dan falsafah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan.

"Saat ini ada beberapa kegiatan di luar negeri yang memanfaatkan nama agama untuk melakukan kejahatan, contohnya ISIS. Paham-paham seperti itu lagi ngetrend dan mencari pendukung di seluruh dunia. Anak-anak muda menjadi potensial bergabung dengan kaum kaum radikal," kata Boy Rafli.

Kapolda meminta seluruh komponen masyarakat Mimika agar bersama-sama membangun ketahanan di Papua dari pengaruh radikalisme tersebut. "Islam mengajarkan kepada semua warga negara kita bahwa cinta kepada negara merupakan bagian daripada iman," jelas mantan Kadiv Humas Polri itu.

Kapolda mengajak warga Mimika agar menjaga kerukunan antarpemeluk agama, mengingat warga di wilayah itu sangat heterogen. Menurut mantan Kapolda Banten itu, dalam kemajemukan suku dan agama warga Papua, namun bisa hidup rukun dan saling bergotong-royong.

"Kami kepolisian sangat senang apabila masyarakat rukun dan penuh kegotong-royongan. Kepolisian terus mengedepankan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk tokoh-tokoh agama agar kehidupan umat beragama penuh dengan kegiatan ibadah, penuh dengan kegiatan yang bernuansa relijius. Jika nilai-nilai ibadah sangat kuat maka itu menjadi benteng bagi umat untuk tidak melakukan hal-hal yang negatif," jelas Boy Rafli.

Kegiatan buka puasa bersama Kapolda dengan umat muslim Mimika juga dihadiri oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL 11/Merauke Brigjen TNI (Marinir) Bambang Sutrisno, Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang, Sekretaris Daerah Mimika Ausilius You dan para tokoh masyarakat di wilayah itu. Adapun Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit menghadiri acara buka puasa bersama dengan para prajurit TNI AD bertempat di Markas Batalyon Infanteri 754/Eme Neme Kangasi Timika.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement