Selasa 06 Jun 2017 19:42 WIB

Pemkot Bogor Beri Perhatian Lebih pada Lansia

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Andi Nur Aminah
Bima Arya Wali Kota Bogor
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Bima Arya Wali Kota Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Untuk menyejahterakan dan melatih warga lanjut usia (lansia) di Kota Bogor terampil dan mandiri, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggulirkan beberapa program. Program tersebut antara lain kesehatan lansia dan bantuan-bantuan khusus bagi lansia. 

Hal itu dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya seusai memberikan bantuan Sembako bagi lansia di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, jalan Merdeka, Selasa (6/6). Menurut Bima, terkait masalah kesehatan lansia Dinas Kesehatan (Dinskes) Kota Bogor memastikan semua lansia memiliki kartu jaminan kesehatan dan Pemkot Bogor akan memberikan bantuan berupa sembako dan natura. 

Sedangkan untuk fasilitas umum atau publik saat ini Pemkot Bogor sedang menyiapkan taman Lansia dan tempat untuk refleksi. Program lainnya, kata Bima, pihaknya tengah menyiapkan untuk membangun kawasan bagi lansia yang berada di wilayah Kecamatan Bogor Selatan. “Sekarang kami sedang mencari lahannya dan ada investor yang ingin membangunnya,” ujar Bima.

Sementara itu sebanyak 100 orang Lansia (Lanjut Usia) perwakilan dari enam Kecamatan se-Kota Bogor menerima bantuan paket sembako dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya kepada enam orang perwakilan dari setiap Kecamatan di aula kantor Dinsos Kota Bogor.

Bima mengatakan, mengurus orang tua atau lansia tidak sebatas program Pemkot Bogor, dalam ajaran agama pun diwajibkan menyayangi, memberi perhatian dan merawatnya. Barang siapa yang ingin sukses harus menyayangi orang tuanya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua yang hadir untuk meyakini bahwa bantuan ini bukan hanya sekadar program atau kegiatan dari dinas, tetapi sebagai tanda kasih kita kepada orang tua. “Terlebih di bulan Ramadhan ini kebaikan apapun yang kita lakukan akan mendapat pahala berlipat ganda dari Allah SWT,” kata Bima.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Bogor Azrin Syamsudin menerangkan, kegiatan ini sesuai amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2009 tentang penanganan masalah sosial, yang salah satunya tentang Lansia yang perlu mendapat perhatian.

Kegiatan penanganan lansia menurut Azrin tidak hanya memberikan bantuan sembako, tetapi ada kegiatan lainnya seperti senam lansia dan pelatihan-pelatihan. “Untuk bantuan sembako hari ini kami sudah menyiapkan sebanyak 100 paket untuk lansia se-Kota Bogor,” tuturnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement