Rabu 31 May 2017 15:43 WIB

Soekarwo: Kiai Sepuh NU Minta SBY Dukung Gus Ipul

Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri).
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo memfasilitasi pertemuan kiai-kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) dengan Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Pertemuan itu untuk membahas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur. 

"Awal pekan kemarin ada pertemuan kiai sepuh dengan Pak SBY di Jakarta, termasuk Saifullah Yusuf yang namanya menjadi pilihan kiai-kiai untuk didukung di Pilkada," ujar Soekarwo kepada wartawan di Surabaya seperti dilansir Antara, Rabu (31/5).

Pada kesempatan tersebut, sejumlah kiai menyampaikan keinginan agar Partai Demokrat ikut bersama-sama memberikan dukungan kepada Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Tapi, SBY belum dapat memberikan jawaban langsung. 

Sesuai mekanisme internal, dukungan Demokrat pada Pilkada Jatim 2018 akan dibahas oleh majelis tinggi DPP. Sesuai jadwal, pembahasan sekaligus arah rekomendasi kandidat akan ditentukan pada Juli mendatang. 

"Kita di daerah menunggu saja apa yang menjadi keputusan pusat," ucap politisi yang juga gubernur Jawa Timur tersebut.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, selain memimpin Demokrat Jatim juga menjadi anggota majelis tinggi DPP sehingga dia dipastikan ikut membahas penentuan calon Gubernur Jatim periode 2019-2024. 

Demokrat Jatim sebelumnya telah mengirim sejumlah nama kandidat untuk dibahas di pusat, antara lain Gus Ipul yang sekarang menjabat sebagai wakil gubernur Jatim, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

Gus Ipul mengakui telah melakukan silaturahim dengan SBY. Dalam pertemuan itu, Gus Ipul juga berterima kasih atas dukungan Demokrat dalam dua periode kepemimpinan Pakde Karwo bersamanya.

"Terkait hal lainnya, Demokrat punya mekanisme internal," ujar Gus Ipul. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement