Selasa 30 May 2017 14:40 WIB

Menlu RI-Luksemburg Lakukan Pertemuan Bilateral

 Menteri Luar Negeri - Retno Marsudi
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Menteri Luar Negeri - Retno Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Luksemburg Jean Asselborn di Kementerian Luar Negeri RI untuk membahas penguatan hubungan kedua negara.

"Kunjungan dan pertemuan pada hari ini menunjukkan komitmen kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral. Kami membahas perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan Luksemburg," kata Menlu Retno Marsudi usai melakukan pertemuan di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Selasa (30/5).

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno dan Menlu Asselborn membahas tentang peningkatan nilai perdagangan antarkedua negara serta peningkatan nilai investasi Luksemburg di Indonesia.

"Kami senang mengetahui adanya peningkatan nilai perdagangan yang signifikan. Dari 2015 hingga 2016 ada peningkatan nilai perdagangan sebesar 72 persen. Nilai investasi dari 2015 hingga 2016 pun naik sebesar 170 persen," ujar Retno.

Menlu RI juga menyampaikan bahwa Pemerintah RI akan mengadakan "Indonesian Investment Road Show", termasuk ke Luksemburg, pada Oktober 2018.

"Saya juga diberitahu bahwa Luksemburg akan mengirim delegasi bisnis ke Indonesia pada 2017 untuk memperkuat hubungan kerja sama ekonomi antara kedua negara," kata dia.

Selanjutnya, kedua pihak sepakat untuk segera menyelesaikan rancangan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (I-EU CEPA).

Menurut Retno, negosiasi tahap ketiga untuk penyelesaisan I-EU CEPA akan dilaksanakan pada September 2017. "Kami juga membahas potensi kerja sama di bidang keuangan, termasuk perbankan syariah," ucap Retno. Selain itu, Menlu RI dan Menlu Luksemburg juga membahas isu-isu yang berkembang di kawasan Eropa dan Asia Tenggara. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement