Senin 22 May 2017 16:20 WIB

Lima Tempat Wisata Kupang Bersiap Sambut Pemudik

Pantai Lasiana di Kupang
Foto: Panoramio
Pantai Lasiana di Kupang

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Lima tempat wisata di Kupang dan sekitarnya yang dikemas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur guna menyambut pemudik menjelang Lebaran 1438 Hijriah.

"Lima tempat wisata itu antara lain Pantai Lasiana di Kota Kupang, Pantai Tablolong, Air Terjun Oenesu dan Tesbatan Kabupaten Kupang serta Pulau Kera di tengah laut sekitar pulau Semau dan Pulau Tikus," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Nusa Tenggara Timur Jelamu Ardu Marius di Kupang, Senin (22/5).

Di Pantai Lasiana, misalnya yang lokasinya berada di Kecamatan Kelapa Lima sekitar 15 km arah timur Kota Kupang biasanya pada H+1 hingga H+2 dipadati pengunjung dari berbagai daerah di NTT. Karena pantai Lasiana memiliki ombak yang tenang, berpasir putih dengan nyiur melambai dan pohon lontar yang ada di sekitarnya.

"Kekhasan Pantai Lasiana dibandingkan dengan pantai lain yakni memiliki ombak yang tenang, air yang bening serta dasar pantai yang sepenuhnya pasir putih tanpa karang," katanya.

Kondisi ini katanya membuat pantai Lasiana cocok untuk berenang, berjemur, atau sekedar dinikmati keindahannya. Pantai Lasiana mempunyai kawasan dengan luas lahan sekitar 3,5 hektare. Pada bagian barat pantai bisa terlihat daratan yang membentuk bukit kecil. Bukit kecil ini menjadi latar belakang yang menambah keindahan Pantai Lasiana. Di atas lahan pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa dan juga tanaman lontar.

Hanya meskipun demikian katanya para pengunjung harus berhati-hati dengan kondisi dalam air yang belakangan ini kurang bersahabat akibat angin kencang melanda Kota Kupang dan sekitarnya. Tempat wisata di Kupang selanjutnya adalah Pantai Tablolong yang lokasinya berada di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang juga dikemas lagi untuk menyambut pengunjung selama libur Lebaran nanti.

"Letak pantai Tablolong lumayan jauh dari Kota Kupang namun Pantai ini selalu memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung dengan hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan," kata Ardu Jelamu.

Selain tempat wisata pantai, ada juga wisata air terjun seperti Oenesu lokasinya berada di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang yang tidak sepih dari pengunjung. "Air terjun ini tidak seperti air terjun biasanya yang tingginya puluhan meter dan besar, tetapi air terjun Oenesu ini merupakan air terjun pendek yang bertingkat empat dimana airnya mengalir dari tingkat pertama ke tingkat selanjutnya membentuk seperti anak tangga.

Dan air terjun Tesbatan lokasinya berada di Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, NTT. Air terjun ini letaknya berada di tengah hutan dan terdiri dari beberapa tingkatan, tingkat atas adalah yang paling mudah dicapai karena berada di pinggir jalan setapak namun air terjunnya kecil dan tidak tinggi, sedangkan di tingkat kedua air terjunnya cukup tinggi dan lebar.

Tempat wisata selanjutnya selain wisata pantai dan air terjun adalah Pulau Kera yang merupakan Pulau yang berada di tengah Lautan luas yang bisa kita lihat dari tepi sepanjang pantai Kupang.

Pulau Kera juga sangat menarik dan unik dan bisa meningkatkan gairah petualangan menjelajah karena untuk sampai di Pulau Kera harus memakai perahu Nelayan yang bisa disewa dan membutuhkan waktu satu jam untuk sampai dengan perahu kecil nelayan. "Diseberangi dengan perahu kecil yang bergerak yang membuat kita khawatir akan tenggelam khususnya bagi mereka yang tidak bisa berenang," katanya.

Di Pulau Kera terdapat pasir putih seputih salju dengan campuran merah karang dengan warna laut yang biru, hijuan dan keungu-unguan. Penduduk sekitar memiliki rumah seadanya dengan atap seadanya, hidup dengan standar hidup yang sederhana. "Jika ingin mengunjungi Pulau Kera sebaiknya bawalah makanan yang banyak dan berbagilah dengan warga sekitar yang ramah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement