Selasa 16 May 2017 20:09 WIB

Pemprov Targetkan RSUD Abdul Moeloek Jadi Tipe A

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nidia Zuraya
Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek, Lampung
Foto: wikipedia
Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek, Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemprov Lampung menargetkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek yang berada di Kota Bandar Lampung akan menjadi tipe A pada tahun 2019. Selain menambah jumlah bangunan, RSUD tersebut juga menyisakan ruang terbuka hijau.

“Rumah sakit ini, harus yang terbaik di Provinsi Lampung,” kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo di Bandar Lampung, Selasa (16/5). Ia bertekad menjadikan RSUD Abdul Moeloek seperti rumah sakit di kota-kota besar lainnya.

Sejak 2015, renovasi dan perbaikan sarana dan prasarana rumah sakit tersebut membuat RSUD Abdul Moeloek mendapat sertifikat tipe B sebagai rumah sakit pendidikan berdasarkan Akreditasi Versi 2012. Tahun 2016, penambahan fasilitas yakni gedung administrasi, ruang kebidanan Delima, ruang THT, mata, dan kemoterapi. Kemudian, rehabilitasi ruang intensive care unit (ICU) dari tujuh menjadi 21 kamar dan rehabilitasi ruang bedah dari delapan menjadi 12 ruangan.

Penambahan bagunan juga dilakukan di 2017. Menurut Gubernur, alokasi belanja sektor kesehatan dari total Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) mencapai 20,2 persen.

RSUD Abdul Moeloek menambah gedung rawat jalan berlantai empat dan gedung rawat anak. Pembenahan dilakukan agar lebih banyak ruang terbuka hijau. Sehingga kesan rumah sakit dibuat seperti taman yang sejuk. Dengan lahan luas 8,5 hektare, RSUD Abdul Moeloek dikembangkan menjadi rumah sakit unggul dalam pelayanan, pendidikan, dan penelitian.

Direktur Utama RSUD Abdul Moeloek, Hery Djoko Subandriyo mengatakan, sebelumnya dana yang digelontorkan untuk RSUD berkisar Rp 20 miliar hingga Rp 30 miliar. Sejak 2015 hingga 2016 meningkat bahkan naik menjadi Rp 149 miliar. Di 2017 ini, anggarannya sebesar Rp 98 miliar, karena penambahan dua bangunan.

Peralatan medis milik RSUD, menurut Hery, setara dengan rumah sakit besar yang setara dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Misalnya, alat besar seperti magnetic resonance imaging, CT-scan, peralatan operasi jantung, dan bedah syaraf. Terdapat 148 peralatan baru untuk menunjang status  rumah sakit rujukan dan rumah sakit pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement