Ahad 14 May 2017 10:37 WIB

Bupati Sumedang Minta Pemuda Jadi Agen Pembangunan

Bupati Sumedang H Eka Setiawan tengah berdiialog dengan warga dalam lawatannya ke sejumlah desa di Kabupaten Sumedang, belum lama ini.
Foto: Tatang Nugraha/REPUBLIKA
Bupati Sumedang H Eka Setiawan tengah berdiialog dengan warga dalam lawatannya ke sejumlah desa di Kabupaten Sumedang, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Bupati Sumedang H Eka Setiawan meminta Karang Taruna mengoptimalkan peran pemuda dalam berkontribusi terhadap pembangunan di daerahnya. Peringatan Bulan Bakti  Karang Taruna yang jatuh pada September 2017, akan menjadi momentum kebangkitan pemuda Sumedang dalam mengawal pembangunan.

Komitmen terkait sinergitas itu terungkap dalam silaturahim pengurus Karang Taruna Kabupaten Sumedang dengan Eka Setiawan di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, belum lama ini. Menurut Eka, pemuda merupakan aset bangsa yang perannya sangat signifikan dalam kancah pembangunan di Tanah Air.

‘’Peringatan Bulan Bakti Karang Taruna tahun ini harus menjadi momentum kebangkitan pemuda sebagai agen pembangunan,’’ ujar Eka di Sumedang, akhir pekan lalu. Dia menyatakan, Pemkab Sumedang sangat membutuhkan peran pemuda, khususnya dalam menopang program ekonomi, sosial dan budaya yang digulirkan Pemkab Sumedang dan pemerintah.

Eka menyatakan, pemuda juga harus menjaga benteng terdepan dalam melestarikan budaya. Terlebih lagi, papar dia, Kabupaten Sumedang merupakan daerah yang banyak memiliki jejak peradaban budaya Sunda.       

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sumedang Muhamad Yusup menyatakan siap bersinergi dengan Pemkab Sumedang dalam mengawal pembangunan. Menurut dia, pelaksanaan kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna merupakan bukti kesiapan dan partisipasi Karang Taruna dalam pembangunan di daerahnya.

Yusup menuturkan, kegiatan Bulan Bakhti Karang Taruna membutuhkan dana sebesar Rp 350 juta. Melalui kegiatan ini, pihaknya akan menghadirkan Karang Taruna mulai di tingkat desa hingga kecamatan se-Kabupaten Sumedang. ‘’Kami libatkan semua untuk unjuk komitmen membangun Sumedang,’’ katanya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement