Kamis 11 May 2017 22:44 WIB

Pengawasan Perairan Raja Ampat Diperketat

Keindahan bawah laut Raja Ampat dengan terumbu karangnya.
Foto: Antara
Keindahan bawah laut Raja Ampat dengan terumbu karangnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Kepolisian Daerah Papua Barat akan memperketat pengawasan wilayah perairan di Kabupaten Raja Ampat setelah menerima bantuan sebuah kapal patroli. Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Martuani S Siregar di Manokwari, Kamis, mengatakan bantuan kapal patroli itu diluncurkan pada Selasa (9/5).

Dia berharap kehadiran kapal tersebut mampu memperkuat kerja Polri dalam mencegah dan memberantas praktik illegal fishing dan kejahatan lain yang terjadi seluruh wilayah perairan Papua Barat. "Raja Ampat terutama, daerah tersebut menjadi pusat pariwisata. Polri harus siap untuk mendukung agar wisata bahari Papua Barat bisa terus dinikmati," kata Kapolda.

Dia mengutarakan wilayah perairan Papua Barat cukup luas. Untuk itu butuh kerja sama secara sinergis antara Polri, TNI dan Badan Keamanan Laut (Bakamla). Kapal yang baru tiba di Papua Barat belum lama ini diberi nama Kapal Patroli (KP) Pulau Mansinam XXXII-3001. Menyesuaikan nama tersebut, Pulau Mansinam dipilih sebagai lokasi peluncuran Kapal tersebut.

Kapal tipe C1 ini mampu menampung delapan anak buah kapal (ABK) dan mengangkut hingga 20 awak kapal. Selain melaju lebih cepat, kapal ini tahan terhadap ombak dan dilengkapi dengan persenjataan yang memadai serta radar dan navigasi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement