Jumat 05 May 2017 20:22 WIB

Solo Festival Gamelan Digelar Besok

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Warga Solo bersiap menyambut kemeriahan Solo Festival Gamelan 2017 yang akan berlangsung di Benteng Vastenburg, Solo pada Sabtu (6/5). Meski telah menjadi event tahunan, namun festival Gamelan tahun ini diklaim akan menjadi spektakuler.

Sebab, pagelaran yang dimulia pukul 8 malam itu akan menghadirkan dua komposer Gamelan ternama yakni Dwi Priyo Sumarto dan Lukas Danasmoro. “Masyarakat akan berbaur, ada lima Kecamatan juga yang sudah menyiapka diri untuk mengikuti festival Gamelan itu,” tutur Penyelenggara Solo Festival Gamelan 2017, Andy Setyanto dalam konferensi pers di Balai Kota Solo pada Jumat (5/5).

Sedikit membocorkan isi festival, kata Andy nantinya Dwi Priyo Sumanto bakal  menampilkan permainan gamelan yang dikolaborasikan dengan alat musik lainnya seperti biola, terompet hingga kendang. Ada  tiga jenis tema pertunjukan gamelan yang akan dibawakannya diantaranya Singkrak Cangit, Akulah Indonesia dan Manunggal.

Lain halnya dengan Lukas, yang justru akan memainkan tiga jenis gamelan yang berbeda di antaranya gamelan Jawa, gamelan Bali dan Ginang Sekaten. Ketiganya, jelas dia akan dipadu padankan dengan pertunjukan tari-tari tradisional.

“Selain dua tadi, masyarakat juga memeriahkan, karena masyarakat terutama di lima kecamatan yang akan hadir sudah memiliki fasilitas lengkap alat gamelan yang disediakan Pemkot,” jelasnya.

Mengangkat tema besar Ganvsa Ngerukunke Bangsa,  Solo festival Gamelan tahun ini diharapkkan menjadi perekat persatuan anak bangsa. Selain itu diharapkan muncul ketertarikkan terutama di kalangan anak muda untuk mengenal dan mempelajari kesenian gamelan sehingga tetap dapat lestari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement