Kamis 04 May 2017 09:23 WIB

Amien Rais Tolak Anies Maju Pilpres 2019

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Indira Rezkisari
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Amien Rais memberikan paparan saat Seminar Nasional pada Tanwir Muhammadiyah di Islamic Center, Ambon, Maluku, Sabtu (25/2).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Amien Rais memberikan paparan saat Seminar Nasional pada Tanwir Muhammadiyah di Islamic Center, Ambon, Maluku, Sabtu (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tak ingin Anies Baswedan ataupun Sandiaga Uno maju di pilpres 2019. Amien menegaskan akan menolak hal itu meski Anies atau Sandi digandeng Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden.

"Saya akan tolak juga itu. Tapi insya Allah duet ini lima tahun ke depan bagus," kata dia di kantor DPP PAN di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/5) malam.

Tokoh reformasi ini meminta gubernur dan wakil gubernur terpilih DKI Jakarta itu menyelesaikan tugasnya selama satu periode kepemimpinan atau lima tahun. Jika Anies atau Sandi meninggalkan Jakarta dan maju dalam pilpres 2019, Amien menilai mereka tak konsisten dengan komitmennya.

"Kasihan dong, nanti berarti Pak Prabowo juga nggak konsisten, Pak Anies nggak konsisten, saya juga nggak konsisten," ujar dia.

Amien berpesan agar Anies tak mengikuti jejak Presiden Joko Widodo yang mencalonkan sebagai presiden di tengah tugas sebagai gubernur DKI. Mantan ketua MPR RI itu juga menyinggung pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). 

Saat sebelum pencapresan 2014, kata Amien, JK menyebut Jokowi harus menuntaskan tugas sebagai gubernur DKI selama lima tahun. Sebab, kata Amien menyitir ucapan JK, akan bahaya jika maju sebagai capres di tengah tugas yang belum tuntas. 

"Jangan jadi presiden dulu, karena kata Pak Jusuf Kalla, kalau belum tuntas jadi gubernur terus jadi presiden, hancur negara ini," kata Amien.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement