Kamis 27 Apr 2017 17:27 WIB

Siapa yang Mengirim Bunga untuk Ahok? Ini Jawaban Pedagang

Rep: Alfan Tiara Hilmi/ Red: Teguh Firmansyah
Pedagang bunga di Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat sedang mengerjakan pesanan karangan bunga yang dipesan untuk Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, Kamis (27/4).
Foto:
Seorang pelanggan toko bunga Nanay Flora, Resa sedang memesan karangan bunga untuk Basuki Tjahaja Purnama, di Pasar Rawa Belong, Kamis (21/4).

Nanay mengatakan, pihaknya tidak menerima semua pesanan karena khawatir tidak memenuhi seluruh permintaan pelanggan. Selain itu, banyak juga pelanggan yang memesan secara mendadak. "Mereka pesannya kebanyakan mendadak. Ada yang pesan hari ini, tapi hari ini juga pengen langsung dikirim," ujar Nanay.

Sanusi, pemilik toko Eka Putri Florist mengatakan sebagian besar pembeli karangan bunga untuk Ahok adalah perseorangan. Ia menambahkan, mereka kebanyakan dari orang Tionghoa. "Kebanyakan perorangan. Ada juga yang kelompok, 10-11 orang gitu. Tapi dari perusahaan jarang. Kalau di saya sih kebanyakan orang Tionghoa yang beli," kata dia kepada Republika.co.id.

Dari segi omset, pemilik Anfinza Florist, Yuliana menyatakan keuntungan mereka meningkat. Namun meskipun pesanan membeludak, menurutnya kenaikan keuntungan tersebut tidaklah terlalu signifikan.

"Naik, adalah angkanya. Tapi biasa saja kok. Karena biasanya orderan saya banyak juga. Ini karena dadakan saja membeludaknya," ujar Yuliana saat dikonfirmasi Republika.co.id.

Tesa, salah seorang yang memesan karangan bunga untuk Ahok di Nanay Flower mengatakan, ia membeli bunga atas pesanan perkumpulannya. Meskipun begitu, ia mengaku bukanlah salah satu simpatisan dari pasangan Ahok-Djarot.

(Baca Juga: Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Bertumbangan Diterpa Hujan)

Ia mengatakan, perkumpulannya membeli karangan bunga seharga Rp 500 ribu untuk menyampaikan harapan mereka kepada Ahok. Karangan bunga yang mereka pesan nantinya akan bertuliskan, "Pak Ahok ditunggu jadi menteri ESDM, kami butuh kepastian." Tesa mengatakan, hari ini juga bunga tersebut akan dikirim ke Balai Kota.

"Yang ukuran satu kali dua meter. Yang harga Rp 500 ribu. Ini langsung akan dikirim ke Balai Kota," kata dia.

Anggota Sat Pol PP merapikan karangan bunga yang ditujukan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat di halaman kantor Balai Kota Jakarta, Rabu (26/4). (Foto: Prayogi/ Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement