Senin 17 Apr 2017 17:26 WIB

Jelang Pilkada Putaran Kedua, Disabilitas di Panti Dinsos Difasilitasi

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Esthi Maharani
 Warga berpartisipasi dalam bentuk tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap Pilkada Damai saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Ahad (16/4).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Warga berpartisipasi dalam bentuk tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap Pilkada Damai saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Ahad (16/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jelang hari pencoblosan putaran kedua Pilkada DKI pada Rabu (17/4) lusa nanti, para penyandang disabilitas di panti milik Dinas Sosial DKI Jakarta akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI putaran kedua. Selama Pilkada berlangsung, disabilitas akan difasilitasi mulai dari kursi roda, kendaraan hingga pendampingan petugas.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan fasilitas itu untuk memastikan bahwa meskipun mereka disabilitas dan tinggal di panti, mereka tetap mendapatkan hak pilihnya.

"Pegawai atau petugas kami juga memberikan keleluasaan penyandang disabilitas untuk memilih sesuai dengan pilihannya. Tidak ada petugas yang mengarahkan ke calon tertentu," ujar Masrokhan di ruangannya, Senin (17/4).

Pendampingan itu akan dilakukan untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam mengikuti pilkada. Apabila tempat pemungutan suara jauh dari panti, pihaknya akan memfasilitasi kendaraan. Data dari Dinas Sosial, ada penyandang disabilitas tubuh, disabilitas netra dan rungu wicara, hingga disabilitas ganda yang akan mengikuti pilkada DKI putaran kedua.

Total ada 40 orang Penyandang disabilitas tubuh yang tinggal di Panti Sosial Bina Daksa Budi Bakti akan mengikuti pilkada. Lalu sebanyak 39 orang penyandang disabilitas netra dan rungu wicara yang tinggal di Panti Sosial Bina Netra Rungu Wicara Cahaya Bathin akan mendapatkan hak pilihnya.

Sedangkan ada 70 orang penyandang disabilitas ganda yang berada di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih akan ikut serta dalam pemilihan putaran kedua ini.

"Kami juga menyampaikan kepada petugas agar tetap memberikan pelayanan di setiap panti-panti meskipun sedang pemilihan pilkada," kata Masrokhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement