Senin 17 Apr 2017 16:12 WIB

Polisi Masih Telusuri Pemilik Mobil yang Terbakar di Tabligh Akbar Habib Rizieq

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Angga Indrawan
Mobil terbakar
Foto: TMCPoldaMetro
Mobil terbakar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menyampaikan, kepolisian tengah menelusuri pemilik kendaraan yang terbakar di Jalan MT Haryono, Cawang tak jauh dari lokasi diselenggarakannya tabligh akbar FPI pada Ahad (16/4) kemarin.

“Dari proses penyidikan di lapangan, kepolisian dalam hal ini Polres Jaktim bersama tim reskrim Polda Metro Jaya tengah melakukan investigasi untuk menelusuri kendaraan itu, pemiliknya,” kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/4).

Lebih lanjut, Boy membantah, kabar yang menyebut kendaraan tersebut tak memiliki nomor polisi. Selain itu, ia juga membantah adanya informasi kepolisian tak hadir menangani kasus ini.

Boy mengatakan, aparat kepolisian hadir saat peristiwa itu terjadi sebab tengah mengamankan peringatan hari besar keagamaan yang tak jauh digelar dari lokasi kebakaran mobil. Saat ini, proses penyelidikan masih dilakukan oleh kepolisian.

“Jadi ada berita tidak ada nopol itu. Ada, sudah diterima petugas. Demikian juga dalam hal proses investigasi ini, kendaraan yang satu lagi juga yang tidak terbakar, jadi kami memastikan bahwa proses itu ditangani kepolisian,” ujarnya.

Ia pun meminta masyarakat menunggu hasil identifikasi kepolisian terkait pemilik kendaraan tersebut. Menurutnya, kepolisian telah mengetahui asal usul kendaraan tersebut. Kepolisian pun telah meminta keterangan dari sejumlah saksi yang ada. Kendati demikian, hasil penyelidikan ini masih belum dapat diinformasikan ke publik.

“Kami masih ke belakang, masih melakukan itu, mengurut men-tracking kepemilikan kendaraan, karena kendaraannya sudah kelihatan sudah balik nama,” kata Boy.

Boy menyampaikan, plat nomor kendaraan tidak dapat dijadikan sebagai patokan dalam mengindentifikasi pemilik. Identifikasi kendaraan, kata dia, dilakukan melalui nomor rangka dan mesin.

“Jadi kalau kita mengidentifikasi mobil itu dari nomor chasis dan mesin itu kelihatan. Kalau misalkan dia ganti dsb pasti dari nomor chasis dan mesin itu terdaftar di samsat pertama kali dia mendaftar,” ujar dia.

Seperti diketahui, sebuah mobil Avanza terbakar di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta pada Ahad (16/4) kemarin. Mobil tersebut terbakar tak jauh dari lokasi diselenggarakannya tabligh akbar peringatan Isra Mi’raj yang digelar FPI. Sejumlah barang bukti telah diamankan kepolisian, di antaranya yakni tiga buah mobil serta dua jeriken bensin. Dalam peristiwa ini tidak dilaporkan adanya korban jiwa. Namun, sejumlah motor milik jamaah turut terbakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement