Ahad 16 Apr 2017 23:29 WIB

Dua Terminal di Garut Bakal Dibenahi

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Irfan Fitrat
Terminal bus. Ilustrasi
Foto: ANTARA
Terminal bus. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Dua terminal tipe B di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, rencananya akan dibenahi. Pembenahan terminal tersebut bakal dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut Suherman, terminal tipe B yang akan dibenahi berada di Pameungpeuk dan di Bungbulang. Saat ini, kata dia, perbaikan kedua terminal tersebut masih direncanakan oleh pemprov. Ia menyebut, pembenahan terminal itu untuk menunjang mobilisasi kendaraan umum dan memudahkan calon penumpang di wilayah selatan Garut. “Jadi, nanti mobilitas angkutan di selatan itu masuk terminal, penumpang akan nyaman,” kata dia, akhir pekan lalu.

Suherman mengatakan, sudah banyak angkutan umum yang lalu-lalang di wilayah selatan Garut. Terlebih, kata dia, setelah dibuka jalur angkutan bus umum lintas jalur selatan. “Cukup banyak elf (minibus), banyak bus Garut-Pameungpeuk. Nantinya angkutan masuk terminal, sehingga dapat menambah PAD (pendapatan asli daerah),” ujar dia.

Pembenahan terminal tipe B, menurut Suherman, akan dilakukan pemprov. Ia menjelaskan, sejumlah terminal di Kabupaten Garut memang sudah dialih kelola oleh pemprov atau pemerintah pusat. Ia mencontohkan, Terminal Tipe A Guntur dikelola pemerintah pusat, sedangkan Terminal Tipe B di Pameungpeuk dan Malangbong dikelola pemprov.  “Manfaat dari dialihkannya pengelolaan itu, kami akan difasilitasi,” kata dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement