Jumat 14 Apr 2017 15:26 WIB

Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran Hanya Dijual Sehari

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nur Aini
Sejumlah warga memesan tiket kereta api H-8 lebaran secara di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (19/3).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Sejumlah warga memesan tiket kereta api H-8 lebaran secara di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Masyarakat yang hendak mudik lebaran pada Idul Fitri tahun 2017 ini dan belum mendapat tiket KA, bisa mulai mempersiapkan diri. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko menyebutkan, PT KAI akan segera menjual tiket KA Tambahan Lebaran yang memang sudah disiapkan sejak awal.

''Penjualan tiket KA akan mulai dilakukan pada Ahad (16/4),'' ujarnya, Jumat (14/4).

Meski demikian dia menyebutkan, pelayanan pembelian tiket KA Tambahan Lebaran tersebut, hanya dibuka selama sehari itu saja yakni, mulai pukul 00.01 hingga pukul 24.00. ''Pembelian tiket KA Tambahan Lebaran, bisa dilakukan di berbagai layanan penjualan tiket eksternal atau melalui internet, sebagaimana pembelian tiket KA reguler,'' ujarnya.

Ixfan menyebutkan, penjualan tiket KA Tambahan Lebaran memang hanya dilakukan sehari, karena dalam sehari itu kemungkinan penjualan tiket sudah akan ludes terjual. ''Insyaallah, kondisi server kami sudah siap bila besok akan mendapat lonjakan pengunjung. Selama masa penjualan tiket KA reguler untuk masa angkutan Lebaran sebelumnya, server juga tidak pernah down,'' katanya.

Meski hanya dijual dalam waktu sehari, Ixfan menyebutkan, tiket KA Tambahan Lebaran yang dijual akan dioperasikan selama masa angkutan Lebaran yakni, untuk perjalanan tanggal 15 Juni 2017 Sampai dengan 6 Juli 2017. Untuk itu, jumlah tiket yang dijual cukup banyak. Menurutnya, jumlah tiket KA Tambahan Lebaran yang melalui stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto, mencapai 11.536 lembar per hari sesuai kapasitas tempat duduk yang disediakan.

''Pada masa angkutan lebaran 2017 ini, ada 22 KA Tambahan Lebaran yang dioperasikan melalui wilayah Daerah Operasi 5 Purwokerto,'' ujarnya. Dengan pengoperasian 22 KA tersebut, maka total perjalanan KA penumpang yang melintas di Daop 5 Purwokerto mencapai 98 perjalanan per hari.

KA Tambahan Lebaran yang dioperasikan, anntara lain KA Argo Lawu Lebaran relasi Gambir-Solo, Argo Dwipangga Lebaran relasi Gambir-Solo, Taksaka Pagi Lebaran relasi Gambir-Yogyakarta, Taksaka Malam Lebaran relasi Yogyakarta-Gambir, Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang, Purwojaya Lebaran relasi Gambir-Cilacap, Lodaya Lebaran relasi Bandung-Solo, Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-SurabayaGubeng, Kutojaya Utara Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo, Kutojaya Utara Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo, dan  Kutojaya Selatan Lebaran untuk relasi KiaraCondong-Kutoarjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement