Sabtu 01 Apr 2017 20:38 WIB

Hadapi Kekeringan, PMI Bantu Pembangunan Instalasi Air di Selatan Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi Kekeringan
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Kekeringan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Warga Kampung Cihurang, Desa Pasir Suren, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sudah sejak lama mengalami kesulitan air bersih. Namun dalam dua bulan terakhir sebagian warga mulai menikmati pasokan air bersih yang difasilitasi Palang Merah Indonesia (PMI).

"Sudah tiga tahun warga kesulitan air bersih terutama pada saat kemarau,’’ ujar tokoh masyarakat Kampung Cihurang MA Sopandi (40 tahun) kepada wartawan Jumat (31/3) sore. Pasalnya lanjut dia selama ini warga harus mengambil air bersih sejauh tiga kilometer ke lokasi mata air.

Kondisi ini terang Sopandi mulai berubah sejak dua bulan terakhir. Di mana, di kampung tersebut sudah dibangun instalasi air bersih yang dibangun PMI yang bekerja sama dengan American Red Cross.

Menurut Sopandi, pasokan air bersih tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari seperti mandi, cuci, dan kakus. Bahkan lanjut dia air bersih juga digunakan untuk mengairi areal persawahan.

Sehingga lanjut Sopandi, para warga kampung yang sebagian besar berprofesi sebagai petani bisa menanam padi atau palawija pada saat kemarau. Hal ini kata dia dapat membantu peningkatan produksi pertanian warga.

Sopandi mengungkapkan, intinya warga sangat terbantu dengan bantuan pemasangan instalasi air oleh PMI. Namun diakui dia dari 100 kepala keluarga (KK) di kampung tersebut baru sekitar 10 KK yang tersambung dengan pipa air.

Ke depan kata Sopandi, pemasangan pipa ke rumah-rumah warga akan terus dilakukan. Dampaknya sambung dia warga tidak perlu jauh-jauh mencari air bersih.

Di sisi lain ungkap Sopandi, warga berharap adanya perbaikan mata air yang berih karena masih ada yang terbuang. Jika diperbaiki tutur dia maka pasokan air bersih akan semakin besar.

Warga lainnya Siti Nursolihat (23) mengatakan, warga saat ini mulai terbantu dengan pasokan air bersih. ''Biasanya saya ikut ke tetangga hanya untuk mandi atau keperluan lainnya,'' imbuh dia.

Namun kata Siti, saat ini keluarganya sudah mendapatkan pasokan air bersih hingga ke rumah. Pasokan air ini digunakan untuk keperluan mandi, mencucui baju dan kebutuhan lainnya.

Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto mengatakan, pembangunan instalasi air ini dilakukan sejak dua bulan lalu. "Warga yang sebelumnya kesulitan air bersih kini sudah mendapatkan pasokan air,'' cetus dia.

Budiharto menerangkan, pembangunan instalasi air ini merupakan bantuan dari PMI dengan American Red Cross. Selain di Kecamatan Palabuhanratu, bantuan serupa juga diberikan di Kampung Cikananga Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung. Ke depan ujar dia, PMI juga berencana membangun instalasi air bersih di Kecamatan Warungkiara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement