Jumat 24 Mar 2017 20:16 WIB

Peringati TB Day 2017, Aisyiyah Sulsel Geliatkan Edukasi TB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Penyakit TBC (ilustrasi).
Foto: gsahs.nsw.gov.au
Penyakit TBC (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Hari Tuberculosis (TB) se-Dunia atau Word TB Day yang diperingati tiap 24 Maret, dijadikan momentum oleh Aisyiyah Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk merefleksikan gerakan mereka terhadap penaggulangan penyakit menular tersebut. Aisyiyah Sulsel bertekad terus bergerak menjalankan misi kemanusiaan untuk memutus mata rantai TB.

Ketua Majelis Kesehatan PW Aisyiyah Sulsel, Junaeda Rasyad, menyampaikan, penanggulangan TB memang menjadi program unggulan bidang kesehatan Aisyiyah sejak diamanatkan pada Muktamar ke 46 di Yogyakarta pada 2010 lalu. Oleh karena itu, momentum peringatan TB Day 2017 ini dapat menjadi refleksi atas segala usaha penaggulangan TB di masyarakat.

Aisyiyah sendiri melakukan kegiatan edukatif di sebelas kabupaten dan kota se-Sulsel yakni Makassar, Parepare, Gowa, Wajo, Sidrap, Pinrang, Jeneponto, Soppeng, Sinjai, Enrekang, dan Maros.

Hari TB Se-Dunia 2017 adalah tahun ke tujuh program ini sebagai Principal Recipient Aisyiyah. "Dalam tujuh tahun ini, Community TB Care Aisyiyah menjadi agen penggerak untuk mendorong percapaian penanggulangan TB di Indonesia," ungkap Junaeda melalui keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Jum'at (24/3).

Junaeda melanjutkan, saat ini masalah TB MDR dan TB HIV juga menjadi ancaman serius pada upaya mengurangi penyebaran dan kematian akibat TB. Mengutip data WHO 2016, Junaeda mengatakan terdapat 100 ribu orang meninggal di Indonesia karena tuberculosis atau sekitar 274 orang setiap harinya. "Ini fakta yang sangat memprihatinkan," kata Junaeda.

Koordinator Program TB-HIV Care Aisyiyah Sulsel Wahriyadi mengatakan, melalui peringatan TB Day tahun 2017 ini pihaknya ingin mengajak berbagai elemen masyarakat untuk selalu waspada dengan masalah TB serta bersama-sama memerangi penyakit tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement