Ahad 19 Mar 2017 09:17 WIB

Curug Parigi Bekasi Dipenuhi Busa Limbah Pabrik

Rep: Aziza Fanny Larasati/ Red: Bilal Ramadhan
Curug Parigi yang ada di Kota Bekasi
Foto: ROL/C39
Curug Parigi yang ada di Kota Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anak-anak Janih yang biasanya berenang di Curug Parigi yang bersih, kali ini harus berenang bersama busa yang menggumpal. Curug Parigi dan beberapa aliran Kali Bekasi dipenuhi oleh busa limbah pabrik hingga Sabtu (18/3) pagi.

Busa yang menggumpal ini disinyalir warga akibat limbah pabrik yang berasal dari bogor. Aliran sungai Cileungsi itu pun tertutup permukaannya oleh busa. Menurut Janih, pedagang makanan dan minuman di sekitar Curug Parigi, busa sudah memenuhi curug tersebut sejak Kamis sore hingga Sabtu pagi.

"Kayak busa sabun gitu abis nyuci baju, tapi penuh semuanya seluruh permukaan Curug Parigi," ujar Janih bercerita.

Ia mengatakan bahwa berenang di Curug Parigi tidak berbahaya bila air jernih. Karena kalau tertutup busa tidak keliatan, yang mana yang dalam dan yang dangkal. Selain itu, masyarakat belum mengetahui kandungan yang terdapat di limbah tersebut. Sehingga akan berbahaya bila menggunakan air di curug itu.

Sabtu siang busa sudah tidak menutupi Curug Parigi. Menurut Janih hal ini karena Bekasi diguyur hujan sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi. Karena hujan yang mengguyur Bekasi pada Sabtu pagi dan arusnya yang deras, Curug Parigi terlihat lengang. Tidak banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut.

Hal ini juga membuat Prapanca dan kawan-kawan gagal untuk berenang di Curug Parigi. "Saya udah bawa baju buat berenang, tapi arusnya deras jadi gagal deh," ujar Prapanca, warga Kranji yang sengaja datang ke Curug Parigi untuk berenang.

Salah satu kawan Prapanca, Fiqih, juga mengeluhkan masalah limbah. "Di Curug Parigi ini ada limbah pabriknya juga. Jadi sayang aja kalo untuk tempat wisata," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, mengatakan Pemerintah Kota Bekasi sedang melakukan penelitian dan uji laboratorium. Menurutnya, pencemaran yang ada di Kali Bekasi datang dari hulu Sungai Cileungsi dimana terdapat banyak pabrik.

Dinas Lingkungan Hidup  Kota Bekasi sudah melaporkan hal ini ke Polres Bekasi dan Kementerian Lingkungan Hidup. Jumhana pun sudah mendiskusikannya dengan Bupati Bogor. Menurutnya, walikota tidak dapat melakukan penegakkan ke wilayah hukum Kabupaten Bogor.

Apiah, seorang pedagang tahu bulat di kawasan Curug Parigi pun berharap pemerintah segera menemukan solusi terkait pencemaran Kali Bekasi. "Kan Curug Parigi ini memang aliran pembuangan limbah dari Bogor. Ya mau gimana lagi. Semoga pemerintah segera menemukan solusinya," ujar Apiah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement